Klinik Motivasi

Jumat, September 23, 2011

Saus Tomat Buatan Sendiri...Lebih Nyam-nyam dan Sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin membuat spagetti dengan siraman saus tomat untuk makan malam nanti? Akan lebih enak dan sehat, jika Anda menyiapkan saus tomat sendiri, bukan saus kalengan atau botolan yang dijual instan di toko. Selain bebas bahan pengawet, aroma spagetti saus juga menjadi lebih menggoda!


Bagaimana cara menyiapkan saus tomatnya? Begini Lima langkah pembuatannya:

Langkah #1

Panaskan setengah panci kecil air. Sembari menunggu mendidih, sayatlah dengan bentuk menyilang ( X ) bagian ujung buah tomat, sekitar 1 cm pada kedua ujung, agar memudahkan pengupasan (lihat pada langkah #3). Untuk membuat satu hidangan spagetti saus untuk berdua, lima butir tomat ukuran sedang sudah cukup.

Langkah #2

Setelah mendidih, masukkan tomat. Rebus selama 30 - 1 menit. Setelah itu, tiriskan dan segera masukkan dalam satu baskom air es untuk menghentikan proses pematangannya.

Langkah #3

Keluarkan tomat dari air, dan mulailah mengupas kulitnya dari bagian yang disayat tadi. Dengan demikian, kulit akan lebih mudah dikelupas. Terakhir, cincanglah tomat menjadi bagian kecil-kecil.

Langkah #4

Panaskan minyak zaitun jenis extra-virgin pada penggorengan sedang dengan api yang tidak terlalu besar. Masukkan bawang putih dan tulis hingga kekuningan. Ingat, jangan terlalu matang apalagi menjadi berubah warna.

Langkah #5

Masukkan cincangan tomat, aduk sebentar. Masukkan air untuk memberi tekstur krim pada saus. masak hingga air menyusut. untuk membuat saus spagetti, Anda tinggal menambahkan bahan tambahan lain seperti daging cincang, daun seledri kering, atau bahan lain sesuai selera. Tambahkan garam dan gula secukupnya.

Jika saus tomat akan digunakan untuk cocolan, Anda tinggal menambahkan gula dan garam, atau cabe bubuk sesuai selera. Gampang bukan?

Selamat mencoba!
Redaktur: Siwi Tri Puji B
Sumber: www.cookinglight.com ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar