Klinik Motivasi

Senin, Oktober 17, 2011

Galau

Kayaknya dunia maya lagi demam kata yang satu itu. Aku sendiri ngga begitu ngerti arti kata galau. Yang aku pernah nemu, di fb adik temenku yg baru kelas 11 sering bikin status tulisannya diakhiri dengan kata galau. Ngarep banget ada yg ngasih boneka "Shaun The Sheep" di hari ultah # galau. Ngga bisa liat Hyun Bin di tv karena harus les #galau tingkat tinggi !


Penasaran ! aku tanya om Google. Om yg satu ini memang bisa diandalkan. Palagi kalo lagi malu bertanya. Daripada kesasar, mending pasang modem. Buka mozilla firefox. Ketik keywordnya di kolom pencarian. Kalo beruntung, bisa langsung dapat jawaban yg tepat. Meskipun banyak juga yg agak2 nyeleneh.

Sedikit contoh, boleh dong nyimpang dikit :) Waktu aku nyari jawaban atas sebuah kasus. Ku ketik keyword "Punggung terasa panas". Maksudnya pengen tau penyebabnya apa dan gimana solusinya. Eh .. lucu2 juga jawabannya. Di sebuah forum, ada seorang yg bertanya kasus yg hampir mirip dengan yg kucari. Pertanyaannya punggung saya terasa panas. Apalagi bila kelamaan duduk. Ada yg tau penyebabnya apa ? (Begitu sih kira2 kalimatnya). Hampir semua jawaban bikin ku senyum-senyum sendiri. Ada yg bilang itu tanda perlu kipas. Ada juga ngingatin untuk mencabut koyo. Trus ada juga yg ngasih selamat, itu tanda disenangin jin. Congratulations ! Kamu berbakat jadi orang sakti .. halah :D

Setelah mengobrak-abrik beberapa blog orang, akhirnya aku dapat jawaban yg agak lumayanlah. Katanya itu disebabkan karena sirkulasi darah ke jantung kurang lancar. Penyebabnya kurang cairan. Dianjurkan banyak minum minimal 4 liter sehari. Meskipun sebenarnya aku sedikit ngga percaya, karena yg ngasih jawaban nama belakangnya error. Jangan2 komennya meskipun keliatannya ilmiah tapi error juga kayak namanya (Jadi parno karena nemu jawaban yg di atas tadi he3) Akhirnya daripada main tebak2 buah manggis, mending aku langsung tanya aja sama ahlinya .. siapa lagi kalo ngga sama Dokter !! karena ngga memeriksa langsung, dia juga ngga bisa ngasih jawaban yg pasti :"(

Ok .. cukup menyimpangnya. Kembali ke pembahasan awal. Untuk mencari kata galau, akupun kembali tanya ke om G. Menurut tante artikata, galau itu adalah sibuk beramai2, ramai sekali, pikiran kacau, ngga keruan. Gitu sih kira2.

Dan tiba2 beberapa hari ini aku berasa akrab dengan kata itu. Ceritanya berawal dari seorang nara sumber tiba-tiba mengajukan pengunduran diri. Dia merasa tidak bisa lagi mengisi acara tersebut karena kesibukannya. Jadi dia pikir lebih baik mundur atau diganti dan meminta pihak radio untuk mengambil kebijakan.

Sebenarnya aku kaget mendengar hal itu.

"Ada apa dengannya?'

"Kenapa dia tiba2 mengundurkan diri?"

"Jangan2 dia udah kehabisan bahan siaran?"

"Mungkin dia lagi kejar setoran. Ngumpulin modal buat nikah"

OMG .. kok aku jadi lebay gini ya ? Segera kutepis prasangka tersebut. Positif thinking, Din ! Lagian aku secara pribadi merasa tidak bermasalah dengannya. Mungkin memang karena rasa tanggung jawabnya yang besar sehingga dia memutuskan hal yg demikian.

Akupun berusaha bijak.

"Ya nanti aku bicarakan dulu dengan kepstu gimana baiknya. Kalo pindah hari dan jam gimana?"

Beberapa menit kemudian, si narsum membalas. Ku baca dengan hati2. Ku pahami kalimat per kalimat dengan seksama. Bahkan kuminta pendapat temanku yg waktu itu bersamaku (Kami janjian mau bikin Tiramisu) agar aku dapat pemahaman yg benar. Setelah menimbang isi smsnya akhirnya kami berdua sepakat bahwa intinya : kecil kemungkinan untuk pindah jam tayang. Kesimpulannya : mungkin memang lebih baik berhenti daripada banyak ngga siarannya.

Akupun menjawab setengah hati.

"Ya sudah kalo begitu. Kayaknya kecil jua kemungkinan pindah hari. Terima kasih atas kerjasamanya selama ini. Mohon maaf kalo ada hal yg kurang berkenan. Moga terwujud apa yg dicita2kan. Jangan kada ingat dengan ku lah .. Kalo dah sukses bagi2 :)"

Perasaanku jadi ngga enak. OMG .. inikah yg disebut galau ? Yang biasa aku baca di status fb nya anak2 alay. Aku bener2 ngga habis pikir, nyari2 alasan di balik pengunduran diri itu ? Ada apa sih dengannya ? Kenapa polisi lebih cepat nangkep teroris dibanding koruptor ya ? Aku galau lagi !

Tak berapa lama, dia balas smsku. Setengah hati .. kali ini bener2 setengah hati ku baca smsnya. Gedubrak .. mendadak dunia berhenti. Ini bener2 respon yang ngga pernah ku duga sama sekali. Mataku langsung berkunang-kunang. Kepalaku pusing. Bayangan tentang masa lalu muter2 di kepalaku. Aku ngga tau cahaya yg aku liat datang darimana, yg aku tau tiba2 teman2 te-ka aku, temen2 SD ku, dan temen2 pengajian ku, semuanya muncul dan manggil2 namaku. Aku bener2 galau stadium akut !

Ku baca sekali lagi smsnya.

"Hah, langsung diterima pengunduran dirinya .. Gimana kalau minggu depan terakhirnya .. Siaran pamungkas"


OMG .. sekali lagi aku teriak ! Aku benar2 berasa gagal. Gagal segagal-gagalnya orang gagal. Gagal melihat apa yg tersirat di balik kalimat2 yg dikirimnya. Gagal mengaplikasikan ilmu yg aku dapat dua tahun di ilkom. Harusnya aku tanya lebih banyak. Mengeksplore sebanyak mungkin keterangan darinya. Sehingga betul-betul jelas duduk persoalannya. Mungkin teknik ini yg dilakukan polisi waktu nangkep teroris. Harusnya teknik yg sama dilakukan juga pada tersangka koruptor. Kok ngga ya ? Aku diam, temanku juga diam.

Namun sesaat kemudian .. aku bangkit. Galau ini tidak boleh bikin ku sekarat. Ku ambil tepung, telur, margarin, keju batangan dan satu sdm kopi. Temanku nyiapkan mixer dan mulai mengocok telur. Sedangkan aku membuat tim keju untuk campuran adonan vanilla. Perjalananpun kami mulai .. bikin Tiramisu ! Cukup sebagai pelarian sementara !

Perasaanku mulai membaik. Ketika melihat anak2 ma'had semangat mengunyah tiramisu buatan kami. Meskipun dibuat dengan hati yg galau. Tapi ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap rasa. Tetap enak dikunyah :D (bocoran .. ada yg makan sampai 3 potong .. wuih tu karena enak atau lapar ya he3)

Abis setor hafalan, aku pulang ke rumah. Malam itu, aku ngga siaran. Sengaja ngasih kesempatan penyiar training siaran. Practice makes perfect. Ibarat pepatah : Tak ada gading yang tak retak. Jangan harap aku bisa menjelaskan. Pikiranku keruh. Galau itu kembali lagi.

Akhirnya aku sms dia lagi.

"Maaf baru balas. Maunya kamu gimana ? Siaran sebulan sekali ? Dua minggu sekali ? Atau gimana ? Ayo nah .. kita nego sebelum diputuskan"

Beberapa lama ku tunggu (bahkan sampai aku nulis tulisan ini) belum ada balasan darinya. Betul2 mengganggu kehidupanku. Segeralah ku telpon sahabatku. Maksud hati pengen dapat ketenangan diri. Eh .. malah dia menertawakan diriku. Terlalu polos ! Dua kata itu disematkan kepadaku ! Kasian si narsum ! Responku tidak seperti yang dia inginkan. Terlalu cepat menerima pengunduran dirinya. Seolah-olah dia tidak penting. Padahal ......

Ah .. dari sini aku ngerti .. untuk kembali belajar teknik bicara agar orang merasa dihargai dan tidak disalahpahami.

#now playing .. insya Alloh - Maher Zain feat Fadly Padi (Dini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar