Klinik Motivasi

Senin, Juli 13, 2009

Tips Olah Vokal



Tips ini aku peroleh ketika mengikuti Workshop Broadcasting Televisi 2009 pada hari Sabtu tanggal 4 Juli 2009 di Hotel Jelita Banjarmasin. Temanya "Belajar Jadi Presenter Bareng Bayu Sutiyono". Acara ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Jurnalis Kalsel.


Terima kasih teristimewa untuk Bunda Iit yang telah berbagi tips ini. Meskipun aku kerja di radio tapi tetap aja ilmu ini ada kaitannya dengan profesiku. Siapa tau mungkin suatu hari nanti dapat tawaran jadi Presenter di Televisi .. kan dah punya ilmunya (Hayoo .. ada yg berminat ? hehehe)

Udah ah .. Langsung aja kita simak Tips Olah Vokal berikut ini (ga perlu komersial break kali ya .. emang lagi on air )

Tips Olah Vokal

Teknik Vokal adalah cara memproduksi suara yang baik dan benar sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu dan nyaring.

Unsur-Unsur Teknik Vokal
Artikulasi adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai keperluan.

Pernafasan dibagi tiga bagian yaitu :
a. Pernafasan dada : cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
b. Pernafasan perut : udara cepat habis, kurang cocok digunakan untuk menyanyi karena akan cepat lelah.
c. Pernafasan diafragma : pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vokal yang baik.

Hal-hal yang mempengaruhi Teknik Vokal
a. Phrasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
b. Sikap badan adalah posisi badan ketika seseorang sedang 'tampil'. Bisa sambil duduk atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
c. Resonansi adalah usaha untuk memperindah suara dengan memfungsikan rongga-rongga udara yang ikut bervibrasi (bergetar) di sekitar mulut dan tenggorokan.
d. Improvisasi adalah usaha memperindah suara dengan merubah/menambah sebagian 'speech' dengan profesional tanpa merubah kalimat aslinya.
e. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.(Dini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar