Klinik Motivasi

Jumat, Agustus 28, 2009

Kalo lagi dapet .. enaknya ngapain ya ??

Sedih. Itu yang kurasakan ketika mengetahui diriku lagi ‘dapet’. Gimana nggak ?? Rencananya malem tadi, aku akan memasuki juz ke 21. Tinggal 3 lembar lagi. Abis buka puasa bareng kru di kantor sore kemarin. Aku segera ke lantai 1 untuk mengambil air wudhu. Mau sholat magrib berjama’ah. Udah selesai, aku segera naik lagi ke kantor yang terletak di lantai 3. Namun apa daya, niatku tak terlaksana.


Mulai malam tadi, aku cuman bisa memandang temen2 kantor yang lagi sholat magrib berjama’ah. Kebiasaan yang kami lakukan abis buka puasa di kantor. Tiap hari memang, selalu ada yang buka di sana. Aku dapat jatah minimal 4 kali dalam seminggu. Karena kena jadwal siaran dialog jam 17.00-18.00 wita. Untuk pulang ke rumah, agak nanggung. Lagian emang udah disiapin anggaran buka puasa harian untuk kru dan nara sumber.

Mulai malam tadi, Rahmi sendirian sholat tarawihnya. Karena kondisiku yang masih dalam proses penyembuhan, beberapa hari ini memang kami sholat tarawih di kos aja. Ngga ke mesjid. Biasanya kami bagi tugas. Aku kebagian jadi imam. Rahmi tukang baca doanya. Meskipun cuman sholat berdua, karena emang penghuni kos ini hanya kami berdua. Tapi tetep aja seru ! Soalnya kita bisa nyesuain dengan keadaan. Ayatnya juga tergantung requesan. Terus kalo agak-agak cape, kita bisa istirahat sebentar.

Mulai malam tadi juga, aku cuman bisa dengerin tilawahnya si Rahmi. Atau suara tadarusan bapak-bapak melalui speaker mesjid di dekat kosku. Yach .. makin sedih deh ! Tinggal 3 lembar lagi, aku memasuki juz ke 21. Sebelum Ramadhan tiba, aku udah nyicil bacaan Al-Qur’anku. Rencananya kalo bisa, Ramadhan kali ini beda dari tahun sebelumnya. Aku bisa khatam dua kali. Untuk mencapai target ini, aku bela-belain ngurangin waktu ngenet dan tidur. Fesbukan cuman lewat hp. Itupun sekedar meng-update status dan menyapa teman2 ’ala kadarnya’. Biar sillah ukhuwahnya tetap terjaga. Ya .. semoga dimudahkan Allah swt.

Yang pasti, aku cuman berharap ketentuan ini berlaku normal. Paling banyak seminggulah. Kalo bisa kurang (moga Allah mendengar permintaanku hehehe). Ngga seperti beberapa tahun lalu. Dapetnya awal dan akhir Ramadhan. Akhirnya qadha puasanya lumayan banyak. Bisa sekitar 9 sampai 12 harian. Wuih .. kebayangkan gimana seneng bayarnya ! (Sengaja pake kalimat positif biar enak dibayanginnya wkwkwkwk)

Tapi aku ngga pernah nyesel sih jadi wanita. Serukan ? Kalo lagi ’dapet’ kita bisa ngerasain makanan 'semau' kita. Aku kan bisa mengambil alih tugas Fifi membuat seteko teh manis dan menuangkannya ke dalam gelas agar nanti bisa langsung dinikmati para kru. Biasanya takaran gulanya mengikuti suasana hati, abis pada puasa semua. Beberapa kali rasanya .. amburadul hehehe kayak kejadian sore kemarin. Aku, Rose dan Reza nyiapin ketupat kandangan untuk menu buka puasa. Beli di pasar wadai Ramadhan yang kebetulan dibuka di depan kantor gubernuran, tempat kantorku bertengger. Jadi gampang banget, tiap sore temen2 berburu kuliner yang ada di sana. Si Fifi kebagian bikin teh manis. Karena yang buka puasa cukup banyak (biasanya cuman sekitar tiga sampai empat orang), kali ini sekitar delapan orang termasuk ustadz yang ngisi program dialog Ramadhan, Fifi nyiapin teko yang agak besar. Karena waktunya agak mepet juga, akhirnya dia bikin semaunya. Dan sukses .. rasanya hambar dan warna tehnya masih coklat kemudaan ! Untungnya, iftarnya diawali dengan makan kurma dulu, jadi tertolong dengan rasa manisnya.

Trus aku juga bisa memanfaatin waktu sholat dan tadarusan dengan nulis lagi. Kebetulan temen2 bagian produksi minta dibikinin naskah untuk program kisah-kisah teladan yang diputar setiap malam abis program tadarusan. Alhamdulillah .. malem tadi, udah tiga cerita aku bikin. Hari ini temen2 tinggal recording aja lagi.

Belon lagi, kita bisa lebih ekspresif dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Penampakannya tentu agak berbeda. Masa ngga puasa, kelihatan lemes juga ? Biar ngga ketauan, ngga puasa ya ? Halah .. ngga boleh gitu. Maksudnya tetep aja kita wajib nahan diri ngga makan dan minum di hadapan temen yang puasa. Cuman harusnya kita juga bisa lebih gesit dan bersemangat lagi. Kalo bisa bantuin temen2 biar kerjaannya jadi ringan. Itung2 bisa nambah kesempatan dapet pahala.

Sebagai muslimah, kita ngga bisa mengelak dari fitrah yang telah ditentukan Allah swt. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Menyesalinya atau menjalaninya dengan sabar ? Tentu pilihan kedua yang kita ambil. Aku jadi ingat dengan perbincangan antara Adh-Dhahhak dengan Juwaibir tentang keutamaan lailatul qodar. Waktu itu Juwaibir bertanya,”Bagaimana pendapat anda tentang perempuan yang sedang nifas, haid, orang yang sedang dalam perjalanan, dan orang-orang yang sedang tidur nyenyak, apakah mereka mendapat bagiannya di malam al-Qodar itu ?”. Adh-Dhahhak pun menjawab,”Mereka semua mendapatkannya, diberikan bagiannya dari malam al-Qodar itu oleh Allah yang Maha Rahman dan Maha Rahim.”

Meskipun pas lagi ’dapet’, kita ngga boleh sholat, puasa, membaca al-Qur’an dan berdiam di mesjid. Tapi ternyata masih banyak kebaikan yang bisa kita lakukan untuk menggapai ’mega bonus pahala’ di bulan Ramadhan ini. Berdoa dan berzikir, berdakwah, amar ma’ruf nahi munkar, menuntut ilmu Islam, mempelajari sains dan teknologi, berinfak dan shadaqoh, tolong menolong dalam kebaikan dan sebagainya. Jika diniatkan ibadah, insya Allah akan dapat balasan yang berlipat ganda. Amin ya Rabb 

So .. Biar bagaimanapun kondisinya, kita harus tetap semangat untuk fastabiqul khairat !
*Tapi kok perutku jadi mules gini ya .. Huaaaaaaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar