Klinik Motivasi

Jumat, Agustus 07, 2009

Persiapan Menyongsong Ramadhan

Assalamu'alaikum wr wb

Sahabat .. tentu udah ngga sabaran lagi ketemu ama bulan Ramadhan. Bulan yang mulia, penuh berkah, rahmat yang banyak dan ampunan yang berlimpah dari Allah swt.Tinggal hitungan minggu aja lagi. Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong Ramadhan. Diantaranya :


1. Melakukan muhasabah (intropeksi diri). Mencek sejauh mana amal baik dan dosa yang telah kita lakukan. Setidaknya selama setahun berjalan.

2. Mensucikan diri (tazkiyatun nafs). Caranya, memperbanyak memohon ampunan dan bertaubat serta saling memaafkan.

3. Membiasakan banyak shoum di bulan Sya'ban. Bagi mereka yang tidak terbiasa shoum di bulan Sya'ban, hendaknya tidak shoum pada paruh kedua bulan tersebut. Sedangkan orang biasa shoum dapat shoum hingga akhir bulan Sya'ban.

Rosulullah saw bersabda :
Dari 'Aisyah r.a, dia berkata : "Tidaklah Nabi saw shoum bulanan (di luar Ramadhan pent.) lebih banyak daripada bulan Sya'ban. Sungguh beliau shoum pada bulan Sya'ban seluruhnya." (HR. Bukhari)

Dari Anas r.a, dia berkata : Nabi saw bertanya, shoum mana yang lebih utama setelah Ramadhan ? Beliau menjawab : "Sya'ban untuk mengagungkan Ramadhan." Dikatakan juga, sadaqah mana yang paling utama ?" Beliau menjawab : "Sadaqoh pada bulan Ramadhan." (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a dari Nabi saw, beliau bersabda : "Janganlah seseorang diantara kalian mendahului Ramadhan dengan shoum satu atau dua hari kecuali bagi orang yang membiasakan berpuasa maka berpuasalah pada hari itu." (HR. Bukhari dan Muslim)

"Apabila sudah sampai pada pertengahan bulan Sya'ban maka janganlah kalian berpuasa." (HR. At-Turmudzi)

4. Mempersiapkan amal-amal dan program apa yang akan dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Lengkap dengan target yang hendak dicapai. Program ini dapat dikategorikan dua, yaitu program individual dan program bersama. Program individual disusun sendiri oleh orang per orang dan untuk perorangan. Sementara itu, program bersama dibuat untuk aktivitas bersama di mesjid, kampus, atau kantor. Cakupannya, mulai dari penyambutan hingga pasca Ramadhan.

5. Mengintai awal Ramadhan dan berdoa saat melihat bulan sabit (hilal).

Doa Nabi saw terdapat dalam hadits :
Dari Abu Thalhah bin Ubaidillah bahwa Nabi saw apabila melihat hilal berkata :"Allahumma ahlilhu 'alaina bil yumni wal imani was salamati wal islami .. robbiy wa rabbuka Allah"
"Ya Allah, terbitkanlah bulan itu kepada kami dengan sentosa, iman, selamat dan Islam. Rabbku dan Rabbmu adalah Allah." (HR. At-Turmudzi)

So .. setelah itu .. Tinggal menunggu Ramadhan tiba dan mengisinya dengan penuh kesungguhan dan sarat dengan amal kebaikan. Insya Allah berhasil !

Saatnya menjadi pemenang !

Wallahu'alam bi showab

Salam

Dini

Ini materi yang kuposting di grup facebookku "To Be Winner On Ramadhan" pada tanggal 7 agustus 2009

*Referensi : Buku Meraih Kemenangan Ramadhan karya MR Kurnia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar