Klinik Motivasi

Rabu, November 11, 2009

Naskah Siaran

Mungkin ada yang bingung dengan judul di atas. "Siaran pakai naskah ? yang bener aja," pikir mereka. "Kalo siaran .. ya siaran, bicara sesuai dengan apa yang dipikirkan, ga perlu pake naskah, emang mau bikin sandiwara radio, ribet banget sih". Hem .. mungkin bagi penyiar yang udah pinter banget berkata-kata, emang ga perlu kali ya tiap siaran bikin naskahnya. Namun bagi para pemula, keberadaan naskah siaran sangatlah penting.


Karena kualitas seorang penyiar itu bisa dilihat salah satunya dari kemampuan dirinya secara spontan dalam mengekspresikan kata-kata yang terucap dari bibirnya saat mengudara. Sehingga kemampuan announcing dan adlibbing mutlak diperlukan untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Suara dan kata-katanya terdengar lentur, mengalir, luwes, ekspresif dan menyenangkan bagi pendengarnya. Jadi seorang penyiar tidak hanya duduk di depan mic dan kemudian bicara "hai" atau "hallo" saja. Tetapi dia juga harus mampu memberikan suatu emosi pada kata-kata yang diucapkannya dan menciptakan "teater of mind" pendengarnya.

Nah .. salah satu cara untuk melatih kemampuan adlibbing atau bicara spontan adalah dengan menulis naskah siaran. Dengan membiasakan diri berlatih menulis sistematis, kita juga nanti akan terbiasa untuk bicara fokus tanpa berbelit-belit. Selain itu akan meningkatkan daya tarik penampilan kita jika kita menulis komen-komen berbobot.

Naskah siaran berisi nama penyiar, nama stasiun radio, nama program acara, nomor telepon, nomor sms, isi komen, judul lagu dan penyanyinya. Kemudian naskah terdiri dari tiga bagian yaitu untuk opening greeting (salam pembuka), comment (komentar), closing greeting (salam penutup).

Contoh Naskah Siaran

Program Intips

Durasi : 60 menit
Konten : Informasi dan Tips tentang karir, kesehatan, tanaman dan makanan
Lagu : Malaysia

Opening Greeting

Assalamu’alaikum wr wb

Apa kabar insan persada ? Mungkin Anda masih merasakan atmosfer liburan / Belum bersemangat bekerja /// Namun / hal ini bukan menjadi “pembenaran diri” bahwa Anda bisa berleha-leha, kan? // Kembalikan produktivitas kerja Anda dengan tips yang akan saya bagikan / selama 60 menit ke depan / dalam Intips / Informasi dan Tips // Tetap setia di Abdi Persada FM / jendela informasi dan media hiburan terdepan /// Ada Ami Search dengan Isabella ///

---- lagu -----

comment 1

Menurut female.kompas.com / Jika anda ingin hari-hari anda lebih produktif / cobalah rencanakan aktivitas kerja sehari anda dengan model kurva melengkung /// Mulai dengan pekerjaan yang mudah dan menyenangkan di awal hari /// Begitu mulai “panas”/ selesaikan pekerjaan yang mulai sulit / atau yang biasa Anda hindari // Lakukan pekerjaan yang paling sulit usai makan siang // upayakan makan siang secukupnya saja / jangan terlalu kenyang karena mengakibatkan kantuk // lalu akhiri hari dengan mengerjakan tugas yang tak terlalu memusingkan //

---- lagu -----

Closing Greeting

Baik .. insan persada // Sedikit tips yang saya bagikan / semoga bisa membantu agar hari-hari anda lebih produktif // Nantikan informasi dan tips menarik lainnya / hanya di Abdi Persada FM // Saya .. pamit undur diri // Wassalam ///

Ok .. Sebenarnya ini merupakan salah satu naskah yang digunakan untuk tes adlibbing calon-calon penyiar yang melamar di radioku. Kamu bisa mengembangkan sesuai dengan versimu. Semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan untuk media latihan ..

Sampai Jumpa di Tips Siaran berikutnya (Dini)

16 komentar:

  1. Assalamu`alaikum ....wah bagus nih artikelnya...ane tunggu artikel berikutnya...jazakillah khair

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya mbak.
    salam persahablogan ;-)

    BalasHapus
  3. @ mas wasim & wongkamfung .. alhamdulillah tips sederhana ini bermanfaat .. salam :)

    BalasHapus
  4. thanx ya buat naskahnya busa sebagai pembelajaran saya yang masih baru

    BalasHapus
  5. sama2 .. thanx juga udah berkunjung ke blogku :)

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum mbak, salam kenal terlebih dahulu...itu closingnya ngak pemborosan kata ya mbak kalo pake pamit undur diri? karena arti pamit dan juga arti undur diri sama
    Wasslam

    BalasHapus
  7. 'alaikumsalam .. salam kenal juga .. tergantung penyiarnya aja .. kalo dianggap pemborosan ngga usah dipakai .. itu kan cuman contoh aja :)

    BalasHapus
  8. saran dan infox sgt brmanfaat, trimakasii

    BalasHapus
  9. eemmmh, , , bagus2 trik siarnya???/sngat menarik n wat pndengar pnaZaran??????????
    slam knal j???Qit jg wat plajaranQ dscol. .
    BROADCASTING smk n 1 BANGIL pasuruan

    BalasHapus
  10. salam kenal juga .. kapan ke banjarmasin ? radio kami sering jadi tempat magangnya anak2 smk jurusan broadcasting dan multimedia lo ...

    BalasHapus
  11. makasih blognya gan
    lumayan buat belajar
    hihihhi

    BalasHapus
  12. membantu broadcaster muda mba ! [ terutama yg masih pd UNYU-UNYU d dalam studio ] semoga makin suksess kariernya y mba... ;)

    BalasHapus
  13. okey buangget. I like it !!!

    BalasHapus