Klinik Motivasi

Rabu, Agustus 25, 2010

Ramadhan : Bulan Kemenangan

Ramadhan memang bulan penuh berkah. Selain puasa yang kita kerjakan mendapatkan balasan khusus dari Alloh swt, amal2 sholeh lainnya pun akan dibalas dengan kebaikan berlipat ganda. Itu sebabnya umat Islam begitu antusias memanfaatkan bulan ini dengan berbagai kegiatan. Perut boleh keroncongan menahan lapar, tenggorokan boleh terasa kering tak dialiri air, tapi semangat untuk melakukan aktivitas mulia harus tetap menyala.


Sebagian program acara berubah, menyesuaikan dengan bulan Ramadhan. Termasuk di bulan ini, aku dapet program motivasi dan mutiara Ramadhan setiap jam 12.00-13.00 wita. Serangkaian materi sudah kusiapkan jauh-jauh hari. Inginku .. bukan hanya aku yang termotivasi namun juga yang mendengarkanku siaran mudah2an juga terinspirasi.

Malem tadi, aku kembali baca2 materi yang telah kusiapkan untuk siang ini. Bercerita tentang beberapa peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan. Sebagian peristiwa ini bahkan turut andil mengantarkan umat Islam menuju kemenangan.

Salah satunya Perang Badar Al-Kubra yang terjadi pada 17 Ramadhan 2 H. Menurut Ibnu Hisyam, perang Badar ini merupakan kemenangan perdana yang menentukan posisi kekuatan kaum muslimin dalam menghadapi kekuatan kaum musyrikin. Bahkan Alloh swt telah memimpin langsung peperangan tersebut sebagaimana firman-Nya dalam QS al-Anfal ayat 17. Alloh swt juga meruntuhkan mental orang2 kafir hingga timbul rasa takut yang amat sangat diantara mereka dan mengutus sepasukan malaikat untuk meneguhkan kaum muslimin dan menghancurkan pasukan kaum kafir. Hal ini tergambar dalam firman-Nya : QS Al-Anfal ayat 12.

Pada pertempuran di bulan Ramadhan ini, 313 tentara kaum muslimin berhasil meluluh-lantakan 1000 pasukan kaum kafir Quraisy. Bahkan Abu Jahal bin Hisyam al-Makhzumi dan Abu Lahab al-Hasyimi, dua dari tiga "AB three" zaman Rasul itu tewas mengenaskan. Sedangkan Abu Sofyan selamat dan masuk Islam saat peristiwa Futuhat Makkah enam tahun kemudian.

Al-Maqrizi dalam kitabnya Imta'al Asma menghitung bahwa jumlah petinggi kaum kafir Quraisy yang binasa dalam pertempuran itu sebanyak 27 orang dan yang tewas setelah perang sekitar 20 orang.

Selain perang Badar, banyak lagi peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan ini, antara lain Futuhat Makkah yang terjadi pada 21 Ramadhan 8 H. Penaklukan kota Mekkah ini dilakukan penuh damai. Berhala 'Uzza, Suwa' dan Manath dihancurkan oleh para sahabat, digantikan dengan kalimat tauhid yang berkumandang di angkasa Mekkah al-Mukarramah dan kota itupun masuk ke pangkuan Islam. Kemudian penaklukan Andalusia - Spanyol oleh panglima Thariq bin Ziyad bersama armada tempurnya yang berjumlah 7000 pasukan di bulan Ramadhan 92 H atau kemenangan yang didapatkan Shalahuddin al-Ayyubi atas pasukan kaum salib Eropa dan Palestina akhirnya kembali ke pangkuan Islam. Ini terjadi pada bulan Ramadhan 584 H.

Subhanallah .. malu rasanya jika bercermin dengan apa yang dilakukan oleh Rosulullah bersama para sahabat. Dalam keadaan berpuasa, mereka tetap semangat dalam beraktivitas bahkan berperang dan berjihad fii sabilillah.

Termotivasi dengan cerita di atas, aku pun kembali bersemangat. Pagi2 tiba di kantor .. dapet tugas mendadak. Segeralah aku kirim sms nanya2 tentang tugas tersebut kepada yang lebih berkompeten. Tahun kemarin bukan aku yang ngurusin hal ini. Alhamdulillah .. beberapa pertanyaan dan jawaban sms plus nyari2 arsip tahun kemarin, akhirnya tugas ini selesai juga. Tinggal nunggu hasilnya .. mudah2an sukses THR tahun ini sumbernya bisa lebih banyak lagi .. hah ?!? Ngga nyambung yach @*&^%($# (Dini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar