Klinik Motivasi

Sabtu, September 11, 2010

Amnesia Akut

Curhatku kali ini bukan untuk menggosip apalagi mengghibah. Siapa tau sedang baca ini punya cara untuk mengatasinya. Kejadian ini sudah ke sekian kalinya. Mr. F, temen kantorku. Penampilan menarik, pertama kali meliat kesannya cerdas nyangkut dirinya, kalo bicara berapi2 dan suka ngeles, maklum kerjaan sampingannya sebagai pengacara. Tapi di balik itu semua, ini cowok orangnya pelupa. Gara2 sifatnya itu, udah banyak makan "korban" termasuk aku hiks hiks


Kemarin, seingatku aku dapet jadwal siaran jam 12.00-15.00 wita. Meskipun Idul Fitri, tetep dapat tugas. Maklum aku penduduk asli banua. Ngga ada kata 'mudik' pas lebaran. Semua keluarga dekat pada ngumpul di Banjarmasin. Jadwal silaturahmi pun udah disusun dengan rapi. Tinggal ngejalaninnya aja lagi.

Jam 11.00 wita .. hujan lebat mengguyur kota Banjarmasin. Di rumah, aku H2C (harap2 cemas) seraya berdoa semoga hujan cepat reda agar aku bisa ke studio tanpa harus berbasah ria. Lima puluh menit sudah berlalu .. aku yang sudah bersiap2 setengah jam yang lalu segera tancap gas. Meskipun hujan masih rintik2. Kebeneran aku lagi di rumah ortu. Jarak ke studio lumayan dekat. Perjalanan paling lambat 10 menit. Dan memang tepat jam 12.00 wita, aku tiba.

Namun aku sangat terkejut, melihat Randa sudah stand by di sana. Segera kuhampiri dia dan bertanya mengapa dia ada di sini. Randa bilang dapet sms dari Mr. F untuk siaran jam 12.00 - 15.00 wita. Hufh .. miskom lagi deh !

Kali ini tidak bisa dibiarkan, masalahnya ini sudah kejadian yang ke sekian dan 'korban'nya bertambah nih. Gara2 amnesianya itu, aku dan Randa salah jadwal. Palagi pas mau berangkat siaran, kami berdua dapet respon yang sama dari keluarga masing2 .. "hari libur, hujan lagi, tetep aja siaran, rajin banget, emang digaji berapa?" olok mereka. Hem .. padahal sebenernya dari lubuk hati kami yang paling dalem ini hanya wujud dari tanggung jawab karena udah dikasih amanah.

Dengan kesal, ku pencet keypad hpku. Kirim sms ke cowok itu untuk minta penjelasan tentang hal ini. Namun hp nya ngga aktif. Mungkin sengaja dimatiin soalnya deket waktu sholat jum'at. Sambil menunggu (siarannya juga relay sholat jum'at) kami berdua bernegosiasi, siapa dapet jadwal 12.00 - 15.00 dan 15.00-17.00. Ternyata ngga mencapai kesepakatan karena masing2 kami udah bikin janji silaturahmi dengan keluarga abis siaran. Tuh kan .. bener2 nguji kesabaran nih !!

Jam 13.00 wita .. relay berakhir. Sebelum siaran program berikutnya, kami sholat zuhur dulu. Lidia siap2 sholat, sedangkan aku nyetting komputer program sesuai dengan rundown acara. Alhamdulillah .. Mr. F datang. Dengan santainya, masuk ke ruang studio dan menempel jadwal siaran untuk tiga hari lebaran. Sambil masih menyetting komputer, aku kembali memastikan jadwal siaranku kepadanya. Dia diam. Mungkin lagi memutar otaknya, mencari2 memori yang entah tersimpan dimana. Ku bantu dia dengan mngingatkan kembali rapat hari senin yang lalu, yang dihadiri oleh kepala studio, staf, dan penyiar2 tetap, yang didalamnya telah disepakati jadwal siaran masing2.

Ingatannya mulai kembali namun kayaknya masih separo :p

"kan jadwal ukhti jam 15.00-19.00?".

"itu hari sabtu .. akhi, hari jum'at jam 12.00-15.00" kataku

"oo .. gitu ya, pantesan di catatanku, jum'at jam 15.00-19.00 ngga ada penyiarnya" dengan muka oon :p

"ya ialah .. kan antum sendiri yang bilang akan menghubungi lidia untuk siaran jam segitu" kataku menyakinkannya

"kalo gitu disepakati aja, siapa yang siaran jam segini" katanya sok bijak

Gubrak !! Kemana aja loe. Ngga perlu dikasih tau kali, kami udah nego sejam yang lalu. Hasilnya ngga ada yang bisa siaran jam segitu. Eh, dia ngeles lagi, katanya udah ngirim sms perubahan jadwal siaran ke aku. Ku tanya ngirimnya ke no yang mana. Bukankah sudah beberapa bulan yang lalu, ku kirim no hpku yang baru ? Masih aja nyimpen no hpku yang lama .. Intinya aku ngga dapet sms darinya !!

Akhirnya dia ngalah .. untuk sesi kedua siarannya jam 15.00-17.00 aja, abis itu dia yang gantikan. Alasannya dia mau keliling dulu ke tempat keluarga. Untuk fee siaran tetap dihitung sesuai jadwal. Hufh .. komennya bikin darahku tambah naik nih !! Emang kami cewek matre !! Persoalannya bukan pada fee tapi lebih kepada sifatnya yang semena2 .. ganti jadwal seenaknya .. menganggap orang lain ngga punya kerjaan apa2 selain siaran .. kalau dia aja mau silaturahmi, kami juga udah punya rencana di hari fitri ini.

Ya .. Alloh, berapa kali aku istigfar. Kalo dulu, aku masih bisa dengan kepala dingin menghadapinya. Tapi kayaknya cara itu ngga mempan. Kali ini memang aku agak 'keras' menegurnya. Setelah dia pulang, ku minta Lidia yang siaran. Sedangkan aku sholat zuhur dulu untuk menenangkan perasaanku. Capek juga ya .. kalau lagi kesel hehehe

Akupun menghubungi keluargaku. Minta pengertian mereka karena ketidakhadiranku. Alhamdulilllah .. dengan sedikit menahan omelan mereka, akhirnya kudapet permakluman. Dan sesuai dengan jadwal, sukseslah aku di studio dari jam 12.00 - 19.00 wita !! *untungnya aku dah bawa bekal .. jadi ngga sampai kelaparan he3

Terakhir .. rupanya Mr. F masih punya "hati" (baca : rasa bersalah), tepat jam 17.00 dia sms aku.

"ass wr afwan ukhti bila antum ada kesibukan tinggalkan aja siarannya ntar ana kesana tapi settingkan aja dulu lagu nasyid dan ucapan banyak2. terima kasih"

ku bales,"w3. acaranya sdh dibatalkan. jd bisa siaran sesuai jadwal"

smsnya,"baik syukron jadi ana ngga balik lagi ke studio soalnya malam gantikan jadwal ..... lagi. jazk"

Olala .. akhi.. akhi .. semoga di hari yang fitri ini, amnesia akutmu sembuh .. hingga curhatku ini tentang penyakit pikunmu menjadi kejadian terakhir di hidupku dan orang2 disekitarmu .. Amin ya Rabb *doa tulus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar