Klinik Motivasi

Selasa, September 14, 2010

Rayuan Maut Ummu Haura

Hem .. bobol juga pertahananku. Seumur2 ini baru yang pertama. Jujur .. ku ngga pernah tertarik beli yang "begituan". Kalo lagi pengen, paling pinjam punya temen. Namun karena deraan yang bertubi2 datang menghantam, ibarat pepatah .. batu yang keras kalo ditetesi air sedikit demi sedikit tiap hari akan hancur juga. Begitulah aku .. gara2 rayuan maut Ummu Haura akhirnya benda itu jadi milikku juga dan aku menikmatinya hehehehe

Heiii .. apaan sih maksudnya ini ?? Ngomong tuh yang jelas .. ngga bercabang .. ntar menimbulkan pikiran2 ngga bersih. Hehehe .. jangan ngeres dulu ahh. Maksudku dengan "menikmati yang begituan" itu adalah ... novel !


Yups .. entah kenapa dari dulu aku ngga pernah tertarik beli novel. Ceritanya terlalu panjang. Trus ngga ada gambarnya lagi *hah .. lu kira komik he3. Lagian ceritanya kan berasal dari imajinasi .. kupikir kalo ngayal aku juga bisa he3 *tapi sekarang aku tau kok bagaimana sulitnya menuangkan apa yang ada di pikiran kita ke dalam bentuk tulisan .. salut deh !!

Biasanya kalo ada novel terbaru .. aku tinggal nanya ama Tiwik. Tuh akhwat emang hobi koleksi buku. Saking cintanya ama tumpukan kertas dijilid itu, dia punya badget yang ngga sedikit tiap bulan untuk nambah perbendaharaan perpustakaan kecilnya. Pas lagi ditugaskan di luar kota .. sempat2nya dia tanya ke temen2 komunitas pecinta buku dimana yang lagi ngadain book fair atau info TB yang lagi diskon. Biasanya ku dapet infonya melalui email atau sms.

Tapi kali ini bukan dia yang bikin aku melakukan hal pertama dalam hidupku. Orang itu adalah ... Ummu Haura !! Ummu yang satu ini, memang hobi baca dan nulis. Beberapa kali tulisannya masuk koran terkenal di Banjarmasin. Terkenal cerdas dan argumentasinya kuat. Pandai berkomunikasi dan pinter ngelobi orang. Itulah sebabnya beliau ditunjuk menjadi koordinator tim media sebuah organisasi dimana aku menjadi salah satu anggotanya *jadi kangen dengan kenangan beberapa tahun yang lalu .. sekarang hanya aku yang bertahan disana .. beliau dimaksimalkan di bagian yang lain ^^

Nah .. pas Ramadhan ini, meeting kami lebih intens. Dan di tiap meeting juga, Ummu Haura selalu menyelipkan isi novel yang satu ini. Ada2 saja hubungannya. Padahal kami lagi membahas struktur pemerintahan Islam. Aku sendiri sempat bingung kok bisa sampai ke novel itu he3

Yang termakan "rayuan"nya pertama kali adalah Ummu Adzkia. Dibuatlah janji, akan dipinjamin setelah novel itu kembali ke pangkuan Ummu Haura. Hem .. rupanya novel itu sudah beredar ke tempat lain. Waktu itu aku masih adem ayem aja .. toh masih panjang giliranku untuk membaca novel itu.

Seminggu kemudian, kami meeting kembali. Ummu Haura kembali beraksi. Waktu itu ngebahas Amirul Jihad, tapi kok isi novel diceritakan lagi. Kali ini tambah bumbu. Ummu Adzkia bilang suami beliau cerita pas ketemu dengan ustadz "A", si Ustadz ini juga cerita tentang novel ini dan merekomendasikan untuk dibaca.

Aku mulai tertarik .. tepatnya sih penasaran ada apa dengan novel ini hingga ustadz "A" dan suami Ummu Adzkia itu juga bersemangat bercerita tentangnya. Namun kembali aku berusaha mengendalikan perasaanku karena Ummu Adzkia diberi waktu seminggu untuk membacanya. Setelah itu giliran suami Ummu Haura yang akan datang liburan s2 dari Bandung. Ahhh .. makin lama nih giliranku !! Keinginan disertai rasa penasaran itu segera ku usir jauh2 :(

Malam itikaf ke 23 .. Tausiyahnya bercerita tentang perjuangan dakwah seorang ustadz di sebuah kota terpencil. Mayoritas penduduknya non muslim. Perjuangan mempertahankan keyakinan itu sangat terasa. Subhanallah .. berkat izin Alloh swt, beliau telah beberapa kali meng-Islamkan penduduk di sana.

Kemudian aku tersentak. Di tengah cerita .. Ustadz itu menyebutkan judul novel itu. Maa jadda wajada ! Siapa yang bersungguh2 pasti akan mendapatkannya. Sekilas beliau menceritakan isi novel tersebut. Aku tersenyum sampai temen2 akhwat di sampingku bertanya. Namun kujawab .. ngga pa2 :D Bener2 dah !! Dari meeting mingguan sampai itikaf .. novel itu selalu nyangkut di telingaku.

Sorenya mendadak .. dua akhwat imut dan centil .. adik2ku dateng ngajakin buber di mall. Baru dapet rezeki, beasiswa cair. Alhamdulillah .. aku dapet traktiran. Hufh .. antrian penuh bo !! Terpaksa niat keliling mall ditunda. Prioritas nyari tempat duduk plus mesan makanan.

Abis buber dan sholat magrib, kami baru nyasar toko buku. Niatnya emang mau beli buku, pesanan orang. Eh .. ngga sengaja mataku menatap tumpukan buku bersampul campuran kuning, orange dan coklat. Aha .. bukankah ini novel yang akhir2 ini sering kudengar. Ku buka untuk mengetahui isinya. Hatiku ragu .. Kalo aku beli sekarang .. kapan aku membacanya .. Bukankah target khatam Al-Qur'an harus tercapai di Ramadhan ini ?? Namun bayangan panjangnya antrian peminjam novel itu dan lamanya mereka membacanya .. membuatku akhirnya mengambil satu yang masih terbungkus plastik rapi dan membawanya ke kasir. Toh bisa kubaca abis kelar Ramadhan :)

Alhamdulillah .. beberapa hari ini aku punya kesempatan untuk baca novel ini. Bener kata Andy F. Noya, host acara Kick Andy, buku ini sarat dengan vitamin bagi jiwa kita. Meskipun baru sampai halaman 54, tapi aku sudah merasakan sesuatu yang mendalam. Di lain kesempatan, akan kutulis tanggapanku tentang novel yang satu ini. Insya Alloh *nunggu selesai baca dulu :)

Akhirnya selalu ada yang pertama dalam hidupku .. Novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi menjadi milikku dengan sistem barter uang 55 ribu berkat rayuan maut Ummu Haura :D (Dini)

2 komentar:

  1. jazakillah postingannya din...juga di selipkan pujian ...semoga Allah berikan balsan terbaik...

    BalasHapus
  2. amin ya Rabb .. ka .. ditunggu rekomendasi buku berikutnya .. jazakillah khayran :)

    BalasHapus