Klinik Motivasi

Senin, September 20, 2010

Keywords of Public Relations

Banyak sekali definisi Public Relations (PR) yang dibuat oleh pendiri dan praktisi PR itu sendiri. Namun yang perlu anda ingat untuk mendefinisikan PR adalah kata-kata kuncinya yaitu :

Sengaja. Kegiatan PR adalah sesuatu yang disengaja, dirancang untuk mempengaruhi, mendapatkan pengertian, memberikan informasi dan memperoleh umpan balik (reaksi dari mereka terkena dampak kegiatan)


Terencana. kegiatan PR adalah sesuatu yang terorganisasi. Solusi masalah diketahui dan logistik dipikirkan, dengan kegiatan yang memerlukan jangka waktu. kegiatan ini sistematis, membutuhkan riset dan analisis.

Kinerja. PR yang efektif didasarkan pada kebijakan dan penampilan nyata dari seseorang atau sebuah organisasi. Tidak ada PR yang dapat menciptakan simpati serta dukungan jika organisasi bersangkutan merupakan "Pemilik usaha yang payah atau tidak tanggap terhadap kepentingan masyarakat". Pepatah kuno mengatakan,"Anda tidak dapat membuat dompet sutra dari kuping induk babi".

Kepentingan Masyarakat. Dasar dari setiap kegiatan PR adalah melayani kepentingan masyarakat, dan bukan hanya sekedar memperoleh keuntungan bagi organisasi. Idealnya, kegiatan PR saling menguntungkan bagi organisasi dengan kepentingan dan urusan masyarakat.

Komunikasi Dua Daerah. Kamus sering kali memberikan kesan bahwa PR terdiri dari penyebaran materi melalui informasi. Namun penting juga bahwa definidi itu termasuk umpan balik dari khalayak. Kemampuan mendengarkan adalah bagian dari keahlian komunikasi yang pokok.

Fungsi Manajemen. PR berfungsi paling efektif apabila menjadi bagian dari pengambilan keputusan oleh manajemen puncak. PR melibatkan konsultasi dan pengatasan masalah tingkat tinggi, tidak hanya mengeluarkan informasi setelah keputusan dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar