Klinik Motivasi

Minggu, Oktober 24, 2010

Jenjang Karir Penyiar

Menjadi seorang penyiar ngga hanya terpaku pada tugas siaran aja. Dengan skill yang bagus, kemampuan berkomunikasi yang baik dan ditambah attitude yang menunjang, banyak peluang karir yang dapat kamu masuki. Entah pekerjaan itu masih berhubungan dengan dunia siaran atau tidak. Jadi kamu ngga perlu bingung apalagi ketika menghadapi masa "pensiun" siaran he3

Pekerjaan yang dapat dilakukan terbagi menjadi tiga yaitu pekerjaan yang masih berhubungan dengan penyiaran, pekerjaan di luar penyiaran tapi masih dalam lingkup bisnis radio dan pekerjaan yang sama sekali ngga ada hubungannya dengan keduanya. Nah .. lo !! Penasarankan ? Yuuk baca selengkapnya .....


Pekerjaan yang berhubungan dengan penyiaran

1. Station Manager (SM)

Adalah orang yang bertanggung jawab terhadap "hidup-mati"nya stasiun radio secara menyeluruh. Mulai dari penyiaran, marketing, teknik sampai kesejahteraan karyawan.

2. Program Director (PD)

PD bertugas dan bertanggung jawab pada perencanaan acara, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan program di radio. Dia juga bertanggung jawab pada mobilitas kerja bawahannya. Selain itu dia juga mikirin rating radio, penjualan dan mampu untuk mencari keuntungan.

3. Project Officer (PO)

Itu istilah keren dari produser acara. Bertanggung jawab terhadap kelancaran dan kelangsungan sebuah acara baik live atau recording. Dia juga menyiapkan komponen-komponennya yaitu SDM dan peralatan. Penuh kreatifitas dan mampu membuat program acara lebih menarik.

4. Music Director (MD)

Tugasnya menyetok, memilih dan mengontrol perputaran lagu di radio. Biasanya MD mempunyai special taste dalam melihat sebuah lagu. Dia punya feeling yang kuat apakah lagu tersebut akan hits atau tidak. Dia juga menyusun chart atau tangga lagu. Selain itu, MD akan berurusan dengan banyak label company baik dalam maupun luar negeri.

5. Bagian Produksi

Pekerjaannya lebih fokus pada ruang rekaman. Tugasnya berhubungan dengan kreatif suara seperti pembuatan spot iklan, acara-acara rekaman yang akan diputar dan memerlukan proses recording, sound creative dan lain-lain.

6. Bagian Kreatif Radio

Biasa disebut Tim Kreatif. Tugasnya memikirkan dan mencari ide-ide kreatif. Misalnya membuat acara-acara baru, muatan acara (content program), ide besar sebuah iklan, script iklan, dan hal lain yang berhubungan dengan perencanaan. Ide-ide ini nanti dieksekusi oleh Program Director.

7. Script Writer

Menyiapkan naskah radio untuk dibaca oleh penyiar yang siaran baik untuk acara live maupun recording.


Pekerjaan di Luar Penyiaran

1. Marketing

Tugasnya memasarkan produk radio (program acara) kepada pengiklan. Dia dituntut untuk mengerti program acara. Misalnya segmentasi, content program, jangkauan siaran, prime time dan lain sebagainya. Nah .. untuk menjalankan tugas ini dengan baik, kemampuan sebagai penyiar akan lebih mendukung.

2. Off Air

Ini adalah event organizer-nya radio. Tugasnya menggelar acara-acara off air seperti peringatan HUT radio atau yang terkait dengan program acara. Divisi off air ini dapat berdiri sendiri atau bekerjasama dengan EO lain untuk kesuksesan acara baik in door maupun out door.

3. Administrasi

Di radio, juga perlu administrasi. Berkaitan dengan pembuatan proposal program acara, absen siaran, lock book, surat kerjasama, surat untuk nara sumber dan lain-lain.

Pekerjaan Di Luar Bisnis Radio

1. Master of Ceremony (MC)

Dengan bekal kemampuan komunikasi, kepiawaian mengolah kata-kata dan berbicara dengan durasi panjang tanpa putus merupakan modal seorang penyiar untuk merambah dunia MC.

2. Presenter TV

Sudah banyak contoh presenter handal baik dalam negeri maupun luar negeri yang lahir dan memulai karirnya sebagai penyiar.

3. Dubber

Udah biasa baca skrip siaran kan ? Cara bacanya juga terdengar seperti orang yang sedang berbicara alias tidak terkesan "membaca" kan ? Nah ini juga merupakan modal untuk memasuki dunia dubber. Katanya pekerjaan ini menyenangkan, jam kerja bisa diatur dan bayarannya lumayan. Hem .. patut dicoba nih :)

9. Pemain Sinetron

Abis kena marah Station Manager, langsung siaran,"Assalamu'alaikum .. insan persada. Senang sekali saya bisa kembali hadir menemani anda dalam program ...." Padahal hati lagi bete :p

10. Tukang Foto

Nara sumber : "Mbak .. tolong foto kan saya ya ! untuk dokumentasi !" sambil menyerahkan kamera hp. Jepret !!

11. Operator Telepon

"Halo .. dari siapa dan dimana ? Mau request lagu apa ? Kirim salamnya buat siapa ?"

Oya .. ada yang mau nambahin ?? (Dini)

2 komentar: