Klinik Motivasi

Minggu, September 11, 2011

Advice to Programmers

Saran untuk para programer ini, aku kutip dari Buku "The Radio Station : Broadcast, Satellite and Internet" karya Michael C. Keith, Edisi ke 7 Tahun 2007, Focal Press. So .. selamat memahami :)


Aturan 1: ikuti pendengar, bukan format. Begitu banyak orang di radio terjebak dalam istilah-istilah seperti CHR, AC baru, alternatif, dan AAA bahwa mereka kehilangan jejak tujuan mereka: mencari pendengar.

Konsumen radio berpikir dalam istilah "apa yang saya suka" dan "apa yang saya tidak suka". Dengan meneliti selera pendengar anda dan memberi apa yang mereka inginkan (sebagai lawan untuk menyesuaikan definisi industri dari apa yang seharusnya mereka miliki), Anda akan memaksimalkan kesempatan Anda untuk sukses.

Aturan 2: Berpikir keluar-dalam (outside in), tidak dari dalam keluar (inside out). Fakta bahwa satu perusahaan sekarang dapat memiliki beberapa stasiun di dunia penyiaran dan mempunyai kemampuan, misalnya, Skewing One FM memilih segmentasi pendengarnya perempuan yang lebih muda dan yang lainnya memilih pendengarnya dari kalangan perempuan yang lebih tua, namun tidak secara otomatis "mendominasi perempuan".

Satu-satunya fakta yang penting adalah dari pendengar. Jika pendengar merasa stasiun melayani kebutuhan mereka, mereka dengan senang hati akan memberikan suara mereka untuk mendukung Anda. Tapi jika mereka percaya Anda hanya bisa menduplikasi apa yang sudah tersedia di radio yang lain, Anda tidak akan diperhitungkan.

Aturan 3: iklankan, iklankan, iklankan. Cara terbaik untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengiklankan nama Anda dan manfaat stasiun anda di radio Anda sendiri dan pada setiap media lainnya yang Anda mampu.

Just for fun, dibawah ini ada sebuah diagram, saya kadang-kadang menggunakan untuk menunjukkan pertama kali ke Direktur Program, berbagai faktor yang mempengaruhi peringkat stasiun mereka:

X - Y
----- x B = rating anda
A

X adalah apa yang stasiun anda lakukan

Y adalah apa yang pesaing anda lakukan

A mewakili "lingkungan" faktor-faktor di pasar, seperti apa yang ada di tv selama survei, kerusuhan, banjir, gempa, dan (dalam beberapa kasus) sidang OJ.

B adalah apa yang dilakukan layanan rating. Dalam kasus Arbitron, ini akan mencakup tingkat respon, prosedur mengedit, dan distribusi harian oleh ras, usia, dan jenis kelamin.

Hal yang paling penting untuk dipahami adalah bahwa sebagai direktur program, satu-satunya bagian dari persamaan di atas yang Anda dapat mengontrol adalah X. Lakukan yang terbaik yang bisa anda lakukan untuk menjaga stasiun terdengar menarik, menghibur, dan terfokus pada target audiens, dan jangan jadikan aib sebagai salah satu elemen yang Anda tidak dapat kendalikan. (Dini)

Catatan :
* Arbitron adalah salah satu perusahaan pengguna research di Amerika Serikat yang menggumpulkan data pendengar radio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar