Klinik Motivasi

Jumat, Desember 09, 2011

HIV/AIDS Serang Remaja Kalsel

ANTARANEWS. Penyakit mematikan HIV/AIDS mulai menyerang remaja di Kalimantan Selatan yaitu mencapai 16,8 persen dari total penderita HIV/AIDS di daerah itu sebanyak 286 kasus. Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan Rosihan Adhani di Banjarmasin, Rabu, mengatakan, penderita HIV/AIDS di Kalsel terus mengalami peningkatan. Termasuk penderita dengan usia muda yaitu umur 20-24 tahun juga mulai terjangkit penyakit mematikan tersebut.


Data terakhir, kata Rosihan, penderita HIV di Kalsel sebanyak 206 orang dan AIDS sebanyak 78 orang yang tersebar hampir di seluruh kabupaten dan kota di Kalsel.
Dari jumlah tersebut, kata dia, untuk kasus HIV penyebarannya terbanyak di Kabupaten Tanah Bumbu yang merupakan daerah penghasil tambang batu bara mencapai 81 kasus.
Selanjutnya, Kota Banjarmasin, 52 kasus dan Banjarbaru 42 kasus. Sedangkan AIDS terbesar Banjarbaru sebanya 44 kasus, Banjarmasin 33 kasus dan Tanah Bumbu sebanyak 11 kasus.

Kalau dilihat dari usia, umur 25-40 tahun memang masih cukup dominan, tetapi untuk anak remaja juga mulai terjadi peningkatan jumlah, sehingga pergaulan remaja juga harus benar-benar diwaspadai.

Penyebab penyebaran HIV/AIDS tambah Rosihan, terbesar masih akibat hubungan seks diluar nikah sebanyak 56 persen, dan akibat suntik atau narkoba 26 persen, penularan ibu ke anak yang dikandungnya sebesar 11 persen. Dilihat dari jenis kelamin, didominasi oleh perempuan sebesar 66 persen dan laki-laki sebanyak 34 persen. Sebagian dari penderita perempuan adalah ibu rumah tangga yang ditulari oleh suami yang sering "jajan" di luar rumah atau gonta-ganti pasangan.

Estimasi penderita HIV/AIDS sebesar 966 kasus dan baru sekitar 30,2 persen kasus yang terungkap. Menekan penyebaran penyakit yang menyerang kekebalan tubuh tersebut, kata Rosihan pada hari AIDS sedunia pada Kamis (1/12) mengambil tema "Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari AIDS". Peringatan tersebut ditandai dengan pembagian bunga di beberapa lokasi di Kota Banjarmasin dan pelaksanaan berbagai lomba.


sumber : http://kalsel.antaranews.com/berita/4649/hivaids-serang-remaja-kalselKamis, 01 Desember 2011 , 12:04:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar