Klinik Motivasi

Sabtu, Desember 24, 2011

Kiat Menghafal Al-Qur'an dari Para Imam

Hari-hari terakhir ini terasa cukup berat bagi kami. Hafalan kami sudah memasuki ayat-ayat yang panjang. Kadang-kadang bacaannya ketukar. Lagi asyik membaca surah yang satu, pas tengah-tengah malah tersambung dengan ayat di surah lain yang mirip. Hufh .. sampai ada yang curhat, seminggu ini dia merasa malas sekali untuk menghafal. Ngga masuk kelas tahfidz. Waktu ditanya alasannya, dia bilang nonton di XXI :)


Dalam hati, sebenarnya ku juga mengalami hal yang sama. Bulan ini termasuk bulan yang paling sibuk. Mempersiapkan HUT Radio. Ikut training. Jadi nara sumber di workshop penyiaran dan tugas kantor yang bejibun. Belum lagi aktivitas dakwah. Ada tabligh akbar yang akan diselenggarakan. Halaqoh dan menghalaqohi serta aktivitas lainnya.

Akibatnya ku cuman punya waktu di malam hari. Itupun disertai dengan rasa kantuk yang tinggi. Kalo menghafal kurasa berat. Maka aku cuman memperbanyak tilawah saja. Alhamdulillah 1 juz / hari sekarang dah bisa dijalankan.

Meskipun sempat juga kepikiran, pengen nonton DVD .. palagi kayaknya dah lama aku ngga nonton film korea .. tapi niat itu urung dilaksanakan #pengen jaga hafalan

Abis curhat2an di fb .. alhamdulillah nemu kiat2 menghafal dari para imam terdahulu. Ini sebagai penguat niat dan semangat .. semoga juga bermanfaat bagi kalian :)

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,

“Kami menghafalkan Al Qur’an dalam sehari sebanyak lima ayat dan kami tidaklah menambah lebih dari itu sampai kami menguasai tafsir ayat-ayat tersebut. Sungguh akan datang kaum di mana mereka menghafalkan Al Qur’an seluruhnya, namun mereka tidak mengamalkannya. Mereka begitu mantap menguasai huruf-hurufnya, namun mereka tidak memahami aturan-aturan dalam Al Qur’an.”

Inilah di antara kiat menghafalkan Al Qur’an, kuasai pula tafsirnya. Hal ini akan membuat hafalan kita lebih mantap dan lebih khusyu’ ketika membacanya terutama dalam shalat.

Imam Malik ditanya,
“Bagaimana kita bisa menghafal Al Qur’an?”
“Banyak mengulang-ngulang”, jawab beliau.

Imam Ahmad ditanya,
“Bagaimana cara yang paling cepat untuk menghafalkan Al Qur’an?”
Imam Ahmad menjawab, “Kiat paling cepat untuk menghafal Al Qur’an adalah rajin lakukan amalan baik dan tinggalkan maksiat.”

Ibnu Mas’ud berkata,
“Menghafal itu tergantung kesungguhan niat seseorang.”

Ada empat kiat sederhana agar mudah menghafal Al Qur’an dari pelajaran di atas:
1. Bulatkan niat untuk menjadi penghafal Al Qur’an dan ikhlaskan niat hanya karena Allah.
2. Banyak mengulang
3. Gemar beramal dan tinggalkan maksiat
4. Kuasai tafsir setiap ayat yang telah dihafal

2 komentar:

  1. semangat juga ding .. oya kalo ngga salah najmi jga ikut program tahfidz kan ? bagi2 kiatnya donk :)

    BalasHapus