Klinik Motivasi

Kamis, Desember 01, 2011

PMS Penyumbang Terbanyak Kasus HIV/AIDS

Banjarmasin. Kasus Penyakit Menular Seksual (PMS) menjadi penyumbang terbanyak terhadap peningkatan HIV/AIDS. Karena menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Rosihan Adhani, mereka yang dinyatakan terkena penyakit menular seksual, 10 kali lebih rawan tertular penyakit HIV/AIDS. Di Banjarmasin sendiri kasus PMS ini ditahun 2011 mengalami peningkatan yang cukup tajam. Lebih parahnya lagi PMS di Banjarmasin banyak diderita oleh anak usia pelajar SMP dan SMA.


Rosihan mengatakan sebagai langkah antisipasi penyebaran lebih banyak, dan mencegah kasus HIV, maka pihaknya saat juga sudah mengembangkan beberapa puskesmas yang khusus melayani penderita penyakit menular seksual. Diantaranya yakni puskesmas Pekauman, puskesmas Simpang Empat dan puskesmas Satui Tanah Bumbu.

Rosihan menambahkan selain puskesmas, pihaknya juga menyiagakan beberapa rumah sakit di kalsel, untuk dapat menangani PMS dan HIV/AIDS. Yang dijadikan sebagai rumah sakit rujukan HIV, yakni rumah sakit Ulin Banjarmasin, rumah sakit Anshari Saleh, rumah sakit Kotabaru dan rumah sakit Pembalah Batung. (Reza AP FM)

Sumber : radioabdipersadafm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar