Klinik Motivasi

Sabtu, Desember 31, 2011

Ujian Dalam Keberkahan .. Tidak Mudah Ternyata !!

Ujian kehidupan itu kadang-kadang identik dengan kesulitan. Namun bisa juga dalam bentuk keberkahan. Tak disangka, tawaran kerjasama kami diterima oleh dua travel haji dan umroh. Masing-masing travel memberikan umroh gratis untuk satu karyawan kami dengan kompensasi beriklan di radio. Jadi tahun depan ada dua kru yang akan berangkat umroh. Wah .. senang sekali mendengarnya. Apalagi aku termasuk salah satu kandidat kuat yang dicalonkan untuk berangkat. Alhamdulillah yah :)


Sujud syukur kupanjatkan ke hadirat Alloh swt. Bagaimana tidak ?? Kupikir mengunjungi Baitulloh adalah impian setiap muslim. Beribadah di tempat-tempat bersejarah, tentu akan terasa berbeda. Apalagi kondisi kehidupanku yang pas-pasan, untuk berangkat ke sana menggunakan uang sendiri, mungkin masih sekedar impian. Meskipun untuk berhaji sudah kumasukkan dalam proposal hidupku.

Nopember yang lalu, aku dan kedua temanku di malam terakhir kami di Bandung asyik ngobrolin tentang impian perjalanan tahun 2012 nanti. Setelah mengusulkan tempat yang akan kami kunjungi mulai dari Jogja, Singapura, Malaysia sampai Korea, akhirnya kami mendapatkan ide untuk umroh (meskipun dengan menyisakan pertanyaan, mungkinkah dalam setahun ini ngumpulin dananya ?) Dan beberapa hari yang lalu, aku mendapatkan kabar bahwa impianku akan segera terwujud !!

Namun sekali lagi, ujian kehidupan itu tidak selalu dengan kesulitan ! Ada kalanya juga dengan kesenangan. Yups .. Pertanyaan pertama yang muncul di benakku adalah bolehkah seorang wanita pergi umroh atau haji tanpa mahrom ? Faktanya aku dan kru yang lain akan berangkat masing2 dengan rombongan jamaah travel yang berbeda. Hem .. untuk memberangkatkan ayah atau saudara laki-lakiku, dananya belum cukup. Mungkinkah jika mahrom bisa diganti dengan jamaah perempuan ? Ini yang harus kucari penjelasannya.

Mulailah aku googling dan mencari jawaban seputar pertanyaanku. Sebagian besar menunjukkan hukum yang sama : seorang perempuan yang berhaji atau umroh harus disertai mahromnya. Mahrom yang dimaksud adalah ayah, saudara laki-laki atau saudara laki-laki dari ayah atau ibu.

Hatiku semakin galau. Antara keinginan yang sangat besar untuk umroh dan status hukum syara'nya. Untuk mendapatkan penjelasan sedetil-detilnya dan menyakinkan diriku, pagi kemarin aku kembali bertanya kepada orang2 yang kupercaya. Mulai dari teman dekat, ustadzah dan ustadz sepengajian sampai yang bukan sepengajian. Dan semuanya merujuk kepada jawaban yang sama !

Berdasarkan kitab "Ajwibah Asilah" karya Syaikh 'Atho Abu Rusythoh disebutkan : "Al Mahrom huwa rajulun min mahaarimil mar'ah, amma an-nisaa ats-tsiqoot fa ba'dhu al fuqoha taquulu bih. Wa amma nahnu fa nurajjihu safaraha bi mahromi rajulin lil musaafati al mathlubah"

Hwuaaaaaa .. benar2 ujian dalam keberkahan !! Meskipun biasanya ada travel yang menawarkan muhrim bagi perempuan yang berangkat umroh atau haji sendirian. Tapi aku ngga sreg dengan hal ini. Masa' muhrim bisa diwakil-wakilkan ?? Ada-ada saja :(

Siang kemarin, aku mengundurkan diri. Dan digantikan oleh kru yang lain. Aku yakin ini keputusan yang terbaik. Bukankah keberkahan dan bertambahnya iman yang kuinginkan ketika berangkat kesana ? Bagaimana bisa kuperoleh jika proses mencapainya tidak sesuai dengan aturan-Nya ? Toh .. tahun 2013 jika kerjasama itu berlanjut dan aku masih bekerja di radio, aku akan mendapatkan kesempatan yg sama. Dan itu artinya aku memiliki kesempatan untuk ngumpulin dana memberangkatkan ayahku atau nyari mahrom dulu seperti saran para asatidz ketika memberikan jawaban kepadaku :D #Insya Alloh

“Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya” (QS An-Nisa:65) #ujian dalam keberkahan .. tidak mudah menerimanya .. ikhlas .. ikhlas .. ikhlas :)

Now Playing : Bondan Feat Fade To Black .. Ya Sudahlah (Dini)

2 komentar:

  1. Subhanallah....

    Semoga Allah membalas dengan balasan yang LUAR BIASA. Spa tau pian bs langsung berakat haji bersama mahrom pian (red:suami) hehehehe....

    Amin Ya Rabb

    BalasHapus
  2. aamiin yaa Robb .. salah satu resolusi 2012 menikah .. tolong doanya mel :)

    BalasHapus