Klinik Motivasi

Sabtu, Februari 04, 2012

Setengah Lembar

Ajaib .. ajaib .. bener2 ajaib. Bener kata seorang sahabat, tulislah impianmu dan biarkan Alloh swt yang membukakan jalannya.

Sore tadi, kami seluruh santri ma'had tahfidz berkumpul di musholla. Selain pengumuman hasil ujian seminggu yang lalu, kami juga diberi pengarahan dari ustadzah Ummu Abdullah. Beliau ustadzah baru yang akan membimbing kelas tahfidz. Menyelesaikan pasca sarjananya di Kairo jurusan tafsir hadist dan hafal Qur'an dalam waktu 9 bulan. Saat ini sedang hamil anak ketiga dan bercita-cita menjadikan anak-anak menjadi ahli hadist seperti Imam Bukhori. Subhanalloh ... merinding ku mendengarnya.


Sekitar 20 menit, beliau sharing dengan kami. Akhirnya tibalah pengumuman hasil ujian. Sebenarnya kelompok kami sudah dapat bocoran dari ustadzah Aminah (ustadzah yang satu ini memang baik hati). Beliau mengumpulkan teman-teman yang telah ujian tahap pertama di rumah beliau hari Jum'at kemarin. Sementara pada sore yang sama, aku dan teman yang satunya masih berkutat dengan ujian. Karena haid, kami mengikuti ujian tahap kedua.

Setelah ujian, kami segera ke rumah ustadzah untuk berkumpul bersama teman2. Sempat shock, ketika mengetahui 2 orang dari kami tetap di kelas tahsin dan 3 orang melaju ke kelas tahfidz. Huwaaaaaa .. itu artinya kami terpisah !! #sedih

Sedangkan aku dan temanku yang satunya belum tau nasibnya. Apakah tetap di kelas tahsin atau tahfidz. H2C menyerang, ketika diumumkan satu persatu yang masuk kelas tahfidz. Singkat cerita, akhirnya namaku dan temanku yang satunya dipanggil juga. Alhamdulillah ...

Kamipun dikumpulkan bersama Ustadzah Ummu Abdullah untuk menentukan jadwal. Perbincangan sangat alot. Menyatukan jadwal 14 orang memang gampang2 susah. Akhirnya kamipun dibagi menjadi dua kelompok. Dan kembali kami berlima di dalam kelompok yang sama. Karena kami semua bekerja, sehingga jadwal kami pun hampir sama. Diputuskan setor hafalan tiap Rabu, Jum'at dan Minggu sore ba'da ashar. Kali ini tempatnya pun berbeda, kalo kelompok lain di musholla ma'had, kelompok kami boleh setor hafalan di rumah ustadzah. Alhamdulillah .. kamipun gembira. Gimana ngga ? Itung2 variasi suasana. Yang pasti bisa lebih dekat dengan beliau :)

Kemudian ustadzah Ummu Abdullah menjelaskan aturan kelas tahfidz :

1. Waktu setor hafalan 3 x seminggu
2. Tidak ada talaqqi (santri datang dan langsung setor hafalan)
3. Target hafalan 3 halaman seminggu (satu setengah lembar)

Tuing !!

Aku teringat sesuatu. Impian 2012. Yups !! Beberapa hari yang lalu, aku menuliskan impianku lebih detil lagi. Terutama untuk tahun 2012. Spesial untuk tahfidz, aku bertekad untuk hafal qur'an minimal 6 juz. Ini sudah dengan pertimbangan yang matang. Menyesuaikan dengan kemampuanku. Mengejar kualitas dengan tetap memperhatikan kuantitas. Mengingat aku bekerja 5 hari dalam seminggu. Belum lagi aktivitas dakwah. Mengisi lebih dari satu kelompok pengajian. Terus giliranku untuk "diisi". Silaturahim. Meeting of the week. Ditambah dengan amanah menjadi kepala penyiaran di tempat kerjaku dan kembali bangkitnya tim media di organisasi dakwah. Plus kegiatan Event Organizer yang baru saja ku bentuk. Cukup membuat aku keteteran tingkat tinggi.

Tapi kuyakin dengan azam yang kuat, Alloh swt pasti akan membantu. Ku mulai menghitung. Target hafal 1 juz dalam 2 bulan. Kemudian jumlah halaman dibagi dengan hari efektif (tidak termasuk haid). Rencananya waktu "libur" itu akan kugunakan untuk muroja'ah, bukan nambah hafalan. Jadi kesimpulannya aku harus menghafal 1 halaman (setengah lembar) per 2 hari. Yang kubagi menjadi satu hari hafalan dan satu hari muroja'ah.

Dan subhanalloh .. Alloh swt benar2 membukakan jalan bagiku. Targetku sama dengan target ma'had. Sehari menghafal, hari berikutnya setor. Begitu seterusnya. Aku benar bersyukur. Ku rasa dengan cara "dipaksa" seperti ini, aku akan lebih termotivasi. The power of kepepet. Apalagi ustadzah kami berkomitmen untuk selalu mengingatkan kami #lebih tepatnya "neror" kali ya .. he3 peace ustadzah ^^V

So .. Lets Take Action !! Rabu nanti perjalanan impian kami dimulai. Mohon doa semoga Alloh swt memberikan kemudahan dan keistiqomahan kepada kami untuk menjadi hafidzoh. Aamiin yaa Robb ^^

#baru baca status nuril di fb : Pengen punya awlad n banaat yg hafidz n hafidzoh Qur'an . Amien (insya Alloh .. ding .. saling bantu ya) !! (Dini).

2 komentar: