Klinik Motivasi

Senin, Juli 20, 2009

Drama Queen ala Penyiar

Senangnya hari ini. Bukan karena hari libur. Tadi pagi ngisi training komunikasi. Permintaan khusus anak-anak putri LDK di salah satu perguruan tinggi di kotaku. Abis itu langsung ke studio. Kena jadwal siaran jam 15.00 sore nanti. Ngisi waktu .. ya udah nulis aja. Mumpung lagi mood. Maklum penulis amatiran. Masih belum bisa menang lawan si Moody .. Woodpeker itu (lho itu kan Woody .. bukan Moody .. Moody itu gitaris band raja kan ? Salah ! itu mah si Moldy .. aduh makin siang makin ngawur aja ya hehehe)Curhatan kali ini ga ada hubungan na ama bahan materiku. Cuman lagi teringat ama kejadian lucu beberapa hari yang lalu.


Ceritanya siang itu si Fitri, salah satu reporter di tempat aku kerja, pulang dengan wajah kebingungan. Katanya di tempat dia mangkal nyari berita, istilahnya "ngepos", salah satu pejabat lagi kena musibah. Beliau terserang stroke. Akhirnya kosonglah tempat tersebut karena hampir semua pejabat pergi menjenguk beliau di Rumah Sakit. Akibatnya Fitri ga dapet berita hari itu. Padahal udah kewajiban para reporter untuk nyetor minimal tiga berita setiap hari.

Kemudian Rose, salah satu penyiar dan bagian produksi nyaranin Fitri ngangkat isu tentang penerapan Perda Retribusi Parkir. Fitri setuju dan mulai mencari nara sumber untuk beritanya. Dihubunginya salah satu pejabat terkait. Interview via telpon sambil direkam. Selesai. Kemudian dia nyari narasumber lainnya yaitu tukang parkir dan orang yang bayar parkir. Kebetulan kantor kami dekat dengan warung-warung makan. Maklum daerah perkantoran. Bela-belain dia beli rujakan. Trik supaya enak wawancara ama pembelinya.

Sekitar 30 menit kemudian, Fitri kembali ke studio. Senang sekali keliatan wajahnya. Segeralah kaset yang berisi hasil interview itu dikeluarkan dari tape recorder. Langsung dimasukkan ke tape berikutnya untuk dirubah menjadi mp3. Biasa disebut dengan 'insert' berita. Namun apa yang terjadi, kaset itu kosong. Terjadi trouble pada saat dia menekan tape recorder ketika interview dengan nara sumbernya. Mau balik lagi .. bingung juga. Masa bilang ama tukang parkir dan pembeli di warung .. interviewnya diulang karena ga terekam .. hehehe lebay kalee

Di saat itu .. si Rose ngelirik aku. Dan aku segera menangkap lirikan matanya itu. Sebenarnya ngeri juga sih .. soalnya itu lirikan usil .. dan bener juga mereka berdua minta aku yang diinterview.

Aku ga bisa nolak ! Pertama kasian juga sih ama Fitri. Harusnya aku nolongin dialah .. (halah .. sok baek hihihi) trus di studio waktu itu yang ada cuman aku ma Rose. Sedangkan suara si Rose ini sering dipakai untuk baca berita. Otomatis familiar. Gawat ntar ketauan ama pendengar. Ya .. akhirnya satu-satu kemungkinan, pakai suaraku. Lagian emang kalo dalam kehidupan sehari-hari, suaraku agak beda ketika berhadapan dengan 'soulmate' (maksudnya mikrofon). Jadi ya .. kuterimalah keputusan itu dengan setengah hati (ga boleh tuh .. ntar pahalanya setengah juga)

Skrippun dibuat dari pengalamanku sendiri. Aku pernah punya kejadian ga mengenakkan. Di Perda Retribusi Parkir tertulis untuk sepeda motor bayarnya Rp. 500,- sedangkan mobil sebesar Rp. 1500,-. Waktu itu aku bayar Rp. 500,- eh .. malah kena marah tukang parkir. Aku bilang .. lho perdanya emang segitukan ? Dia ga terima. Ya ..udah daripada urusan panjang mending aku bayar seperti yang dia minta. Agak dongkol juga seh .. Belum lagi kalo kita nyodorin uang Rp. 1000,- karena ga punya recehan Rp. 500,-. Jangan harap deh ada kembaliannya .. Bagaikan pungguk merindukan bulan.

Sebenarnya bukan pada masalah berapa nilai uangnya (meskipun kalo banyak pengaruh juga seh hehehe tetep matre) tapi pada penegakkan aturan itu sendiri. Gimana mau maju kalo untuk urusan yang sepele ini aja .. masih dilanggar. Hem ...

Abis latihan sebentar. Naikkin mood dulu. Meresapi peran .. barulah aku beraksi. Pura-puranya aku jadi mbak-mbak yang lagi beli sayur di pasar. Kesannya cerewet banget. Ada manfaatnya juga sering diminta temen-temen ngisi suara untuk iklan. Biasanya aku cuman kebagian bikinin skripnya. Untungnya lagi di studio cuman ada kami bertiga .. jadi aku bebas berekspresi hihihi.

Interviewnya cuman berapa detik diambil .. tapi take voicenya itu lho lumayan lama. Soalnya pada ketawa-ketiwi mulu. Bakat cerewet dan jutek yang terpendam selama ini muncul begitu saja. Lucu-lucuan malah kadang-kadang diselingi improvisasi .. Biar lebih meyakinkan aku pake bahasa dan logat daerah Banjar. Trus yang jadi tukang parkirnya si Indra, reporter juga. Baru datang langsung ditodong rekaman sesuai perbicangan antara Fitri dengan tukang parkir yang asli (lho .. ada yang palsu ?? ya .. tebak aja sendiri hehehe)

Abis itu Fifi, salah satu bagian produksi, yang dari tadi asyik siaran di ruang sebelah masuk dan tanya apa yang sedang kami lakukan. Fitri cerita dan akhirnya si Fifi ikut bantu bikin efek rekamannya terkesan lebih alami lagi. Ditambahin backsound dan suara kami diberi effek supaya sepintas kedengarannya ga terlalu mirip dengan yang aslinya.

Hasilnya memang ga ada yang tau termasuk kepala pemberitaan dan kepala produksi yang bertugas ngedit berita sampai layak tayang. Meskipun kata Rose, si kepala pemberitaan sempat bilang,"Rasanya aku kenal ama suara ini, tapi dimana ya?". Si Rose senyum-senyum aja. Dalam hati seh, dia bilang,"Terang aja kenal, itukan .. suara Dini temen kerjamu sendiri bahkan kadang-kadang siaran bareng."

Ya .. begitulah trik temen2 kalo lagi trouble. Tapi yang kami lakukan ini masih dalam koridor etika jurnalistik. Toh kami tidak mengada-ngada. Memang benarkan .. aku salah satu anggota masyarakat yang juga bayar parkir. Trus si Indra juga yang berperan sebagai tukang parkir ga salah .. karena dia cuman copas (copy-paste) kata-katanya si tukang parkir asli. So .. gimana neh ? Ada yang tertarik jadiin aku dubber untuk telenovela, film-film berbahasa asing ato serial si 'Unyil'?? hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar