Klinik Motivasi

Rabu, Oktober 14, 2009

Klinik Motivasi 10 Oktober 2009 : Afirmasi

Melihat antusias pendengar terhadap program Klinik Motivasi (hem .. gaya loe), kami berencana menambah jam tayangnya dari pukul 15.00 sd 17.00 wita. Namun ternyata Sabtu siang, hujan deras mengguyur kota Banjarmasin. Akhirnya kami on air jam 16.00 wita seperti Sabtu yang lalu.

Klinik Motivasi, Sabtu 10 Oktober 2009 pukul 16.00-17.00 wita bersama Fauzan Muttaqien dari Quantum Spirit Training Center. Tema kali ini tentang "Afirmasi". Selamat menyimak ringkasan diskusinya ...

Kisah Pengantar Motivasi

Cerita tentang seorang ayah dan anak yang berdiri di atas gunung. Si anak berteriak dengan kerasnya. Dan kemudian dia mendengar suara dengan kalimat yang sama berbalik kepadanya. Beberapa kali dia melakukan hal tersebut. Si anak pun heran dan bertanya kepada ayahnya.

"Ayah, suara siapakah itu ? Kenapa suaranya persis seperti diriku dan kalimat yang kuteriakkan ? Tanya si anak keheranan


Sang ayah menjawab,"Dia adalah gema. Coba kau teriakkan kembali dengan kalimat yang positif."

Anak itu kemudian berteriak,"Akulah sang juara !!" Terdengar gema suara yang menirukan kalimatnya.

Sang ayah mengatakan gema itu seperti kehidupan. Apa yang kita pikirkan, kita ucapkan dan yang kita lakukan akan berbalik kepada kita sendiri. Sehingga pikirkanlah sesuatu yang positif, ucapkanlah kalimat-kalimat yang baik dan lakukanlah perbuatan yang mulia. Karena yakinlah efeknya akan kembali kepada diri kita sendiri.

Menurut Fauzan, berdasarkan penelitian, dalam kehidupan ini manusia mengucapkan sekitar 65.000 kata/hari dan 77% nya adalah kalimat-kalimat negatif. "Saya tidak bisa melakukan hal itu", "Saya minder", "Saya Pemalu" dan sebagainya. Akibatnya ketika seseorang mempunyai mindset yang negatif seperti itu, dia akan menjalani kehidupan dengan apa adanya, apatis, tidak bersemangat, dan tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu. Maka penting bagi seseorang untuk memiliki pandangan positif tentang dirinya agar tumbuh kepercayaan dirinya untuk melakukan sesuatu. Salah satunya dengan cara afirmasi.

Afirmasi berasal dari Bahasa Inggris yaitu "afirmation" yang berarti penegasan. Berbicara kepada diri kita sendiri (self-talk)sendiri dan merupakan salah satu bentuk pemrograman ulang pikiran. Jika afirmasi ini dilakukan sepenuh hati maka akan dapat membantu pencapaian prestasi.

Teknik afirmasi sendiri banyak ragamnya. Salah satu cara yang sederhana yaitu dengan menuliskan apa yang kita inginkan dan menempelkannya ke tempat-tempat yang sering kita lihat. Misalnya, "Akulah sang Juara !!", tulislah kalimat itu dan bacalah berulang kali setiap hari sampai timbul keyakinan pada diri sendiri bahwa anda memang sang juara !

Afirmasi berbeda dengan sombong. Karena sombong artinya mengingkari kebenaran yang datangnya dari Allah swt. Sedangkan afirmasi merupakan self-talk dan memprogram ulang pikiran agar tumbuh kepercayaan diri. Menurut Fauzan, afirmasi adalah harapan kita untuk pencapaian tujuan.

Afirmasi juga sangat terkait dengan hadist yang disampaikan Rasulullah saw bahwa "Allah swt tergantung dari persangkaan hamba-Nya." Hikmah yang bisa kita ambil dari hal ini adalah berbaik sangkalah dalam menjalani kehidupan ini. Tidak boleh mengeluh jika ada kejadian yang tidak sesuai keinginan kita.

Di akhir dialog, Fauzan menyampaikan sebuah renungan .. Jika kita merasa ada seseorang yang selalu menghadang dan menghalang-halangi langkah kita untuk maju, cobalah intropeksi diri .. siapa tau orang itu adalah diri kita sendiri. Karena seperti kata pepatah, musuh terbesar hidup kita adalah diri kita sendiri !!

Semoga bisa bermanfaat .. Sampai Jumpa Sabtu Depan ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar