Klinik Motivasi

Rabu, November 04, 2009

Peduli Kualitas Audio

Seorang penyiar harus mempunyai kepekaan dan kepedulian yang besar pada kualitas audio dan daya pancar radio. Pelajaran penting ini kudapat dari pengalamanku sendiri. Waktu itu, aku lagi asyik siaran program acara "Intips". Sebuah program acara reguler yang menghadirkan informasi dan tips-tips menarik diselingi dengan lagu-lagu dari negeri jiran Malaysia.


Aku begitu menikmati siaranku. Karena emang berawal hobi cuap-cuap sendiri. Jadinya kesalur deh .. Dengan antusias aku berbagi informasi kepada pendengar. Lagi asyiknya siaran, temanku masuk ke ruang studio sambil tersenyum cengengesan. Hatiku merasa ngga enak. Kayaknya ada sesuatu yang terjadi. Bener juga ternyata ! Aku tidak sadar kalo siaranku tidak terpancar dengan sempurna. Cuman terdengar di studio aja.

Gara-garanya tegangan listriknya turun. Jadi cuman bisa supply sebagian peralatan di studio, tapi pemancarnya mati. Dan temen-temenku sengaja membiarkan aku terus siaran. Biasalah kru emang pada usil.

Mulai saat itu, aku perhatian banget ama kualitas audio dan daya pancarnya. Tape yang sengaja diletakkan di samping meja siaran, sering banget kudengerin pas break. Emang fungsinya untuk monitor kualitas siaran yang didengar pendengar. Karena biasanya pas siaran, si penyiar memantau kualitas audionya dari earphone yang tersambung di mixer. Makanya pas kasus di atas, aku ga sadar kalo siarannya ga tersiar ke pendengar hehehe

So .. intinya seorang penyiar harus checking output radio setiap waktu :)

Moga share pengalaman yang sedikit ini bermanfaat ya .. (Dini)

1 komentar: