Klinik Motivasi

Selasa, Desember 08, 2009

Tips Ikuti Audisi Penyiar

Tulisan ini muncul abis aku chat ama seseorang. Dia cerita udah lulus tahap I Audisi di sebuah radio swasta di Magelang. Sekarang bingung ngadepin tes tahap II yaitu tes vokal dan bikin skrip siaran. Dengan bekal pengalamanku yang masih sedikit, mudah2an postingan kali ini bisa membantu ya ..


Sebelum masuk tes atau ujian, pastikan kita udah nyiapin segala sesuatunya. Jangan hanya berspekulasi tanpa persiapan sama sekali dan membiarkan otak kita blank dari informasi dan pengetahuan seputar radio di mana kita mendaftar. Jangan biarkan hal2 kecil menjadi penghambat langkah kita untuk menggapai impian menjadi penyiar profesional.

Yang perlu diperhatikan adalah :

1. Dengarkan dan pelajari radio bersangkutan

Catat gelombang radio atau frekuensinya, no telpon, no SMS, kata-kata kunci penyebutan pendengar (listener, insan persada, boys and girls, akhi wa ukhti dll), penyebutan lagu (tembang, kidung, hits dll), penyebutan untuk telpon (dial, telfon, call dll) atau kata-kata lainnya yang jadi ciri khas radio tersebut.

2. Gaya Siaran

Perhatikan gaya siaran dari radio tersebut, mulai dari style, pemilihan bahasa, dll. Untuk radio anak muda, kuasai gaya siaran pilihan pendengar (acara request). Untuk radio dewasa, pelajari acara semacam talkshow, lagu kenangan, bincang bisnis, opini pendengar dll. Tirukan bagaimana mereka siaran. Kalo perlu tulis comment mereka sebagai latihan.

3. Buat skrip siaran

Mulailah berlatih nulis skrip siaran untuk bahan tes adlibbing. Informasi lebih lanjut bisa baca tulisan ku sebelumnya ya (Note : Membuat naskah siaran)

4. Datang ke radio dimana kita daftar, mintalah copy tangga lagu (chart)di radio itu. Lagu Indonesia atau mancanegara sebagai referensi kita untuk mengetahui lagu-lagu yang sedang menjadi Top Request. Lafalkan judul lagu berbahasa Inggris secara benar dan luwes seperti seorang penyiar profesional.

5. Asah kemampuan berbahasa Inggris, karena hal ini penting untuk profesi sebagai penyiar.

6. Latihan tes logika, hal ini penting untuk mengukur kemampuan berfikir kreatif seorang penyiar.

7. Selalu ikut informasi terbaru yang sedang in dari majalah, koran, TV, radio, internet dll. Dari masalah politik, sosial, ekonomi, budaya sampai infotainment.

8. Baca koran pagi dan perhatikan benar headline news-nya sampai hal2 yang menjadi hot issue hari itu sebelum berangkat tes.

Tips di atas hanya garis besarnya aja ya .. tapi mudah2an bisa memberikan gambaran dan persiapan yang cukup untuk menghadapi tesnya. Yang pasti percaya diri yang tinggi dan pengetahuan yang luas akan sangat mendukung performa kita. Keseriusan dalam menghadapi seleksi penerimaan penyiar baru menjadi nilai lebih yang akan sangat diperhitungkan oleh tim penyeleksi. Sukses ya !!(Dini)

5 komentar:

  1. help me! blogku kena' spam...

    BalasHapus
  2. Umbara Al Mafaaza (FLP Semarang)6 Agustus 2010 pukul 20.01

    Assalamu'alaikum Kak.
    Ane besok da audisi radio kampus. Tebar sejuta pesona Islam di sana. Ane perlu banyak belajar, senang bisa nyangkut di blog ini. moga manfaat untuk sarana dakwah. Semangat!!!

    BalasHapus
  3. 'alaikumsalam .. dek ! syukron udah mampir ke sini .. mga sukses audisinya ya :)

    BalasHapus