Klinik Motivasi

Minggu, Februari 14, 2010

Prepare Before On air

Apapun yang kita kerjakan, pasti memerlukan persiapan. Sepakatkan ? Nah begitu juga sebelum kita siaran, prepare merupakan kunci kesuksesan penyiar. Karena apapun yang dikerjakan secara maksimal akan mendatangkan satu kenikmatan dam kepuasan yang luar biasa. Juga akan mendorong diri kita selalu melakukan yang lebih baik dan lebih baik lagi.


Tanpa persiapan yang matang, seorang penyiar akan tampil 'seadanya', ngga berbobot, kurang berkualitas dan terkesan just working.

So .. Prepare our self before on air

1. Usahain stand by di studio minimal 30 menit sebelum siaran. Maksudnya supaya kita memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan lingkungan studio. Trus kita juga punya cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan siaran.

2. Siapin materi siaran. Misalnya materi info, referensi lagu dan sebagainya. Kalo handle program dialog (wawancara), biasanya disiapin oleh project officernya, tapi lebih baik lagi kalo kita siapin sendiri .. untuk jaga2lah (kali aja ngga dibuatin atau pertanyaannya kurang mendalam he3)

3. Pelajari rundown siaran. Order apa aja yang harus kita kerjakan selama on air. Kalo ada yang kurang jelas, sebaiknya tanyain ama program directornya atau pihak yang berwenang. Ngga usah segan, daripada kita bingung pas on air .. Konsentrasi siaran jadi buyar .. kan bisa bahaya jadinya!

4. Relaksasi tubuh dan mulut. Usahain kita dalam keadaan bener2 santai, rileks, ngga tertekan dan tanpa ketegangan. Kalo perlu lakukan senam mulut untuk mengendorkan urat2 mulut dan kerongkongan. Biar lebih bebas aja dalam pengucapan kata2 alias jadi ga kaku. Trus sediain air putih di deket kita, biar sewaktu2 kita perlu, kita gampang ngambilnya ^^

5.Cari posisi duduk yang paling nyaman. Kalo misalnya berdiri lebih baik, kenapa ngga kita lakukan selama kita siaran, toh pendengar juga cuman bisa dengerin suara kita, ga tau posisi kita kayak gimana, yang penting kita selalu fokus pada mic (aku sering lho .. ngelakuin hal ini .. seru lagi)

6. Pastikan kondisi headphone sempurna. Agar kita bisa mengontrol suara kita. Cari kualitas suara di headphone yang paling nyaman buat telinga kita. Suaranya ngga terlalu keras atau juga ngga terlalu kecil.

Ok .. segitu dulu ya sharingnya .. moga bermanfaat. Sampai jumpa ^^

(Dini)

2 komentar:

  1. Salam pers.....!!!!

    Makasi banyak segala Ilmunya, Oya klu boleh saya minta izin yach buat pake konsep-konsepnya di radio komonitas kami........

    salam PBS fm......
    Yusdin.

    BalasHapus
  2. salam juga ... !!!!

    sama2 .. silakan kalo mau dishare .. mudah2an bermanfaat

    bagi2 konsepnya juga donk .. saya tertarik belajar tentang radio komunitas

    terima kasih :)

    BalasHapus