Klinik Motivasi

Jumat, April 15, 2011

Bahasa Arab Nomor Dua yang Sering Diucapkan di Australia

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY - Bahasa Arab merupakan bahasa yang paling umum digunakan setelah bahasa Inggris oleh orang muda di Australia, menurut hasil penelitian, dengan sekitar satu dari delapan anak yang multibahasa menggunakannya di dalam rumah. Indeks Perkembangan Awal Australia (AEDI), riset yang didukung oleh pemerintah meneliti lebih dari 260.000 anak pada tahun pertama sekolah, mendapati 18 persen anak menggunakannya selain bahasa Inggris.


Meski negara Arab tidak tercatat sebagai 15 negara yang menyumbang kelahiran anak di Australia, sebanyak 5.565 menggunakan bahasa tersebut di rumah, 11,8 persen dari seluruh anak yang multibahasa. Bahasa Vietnam mengikuti dengan 8,4 persen, kemudian bahasa Yunani, sejumlah dialek China dan Hindi, masing-masing kurang dari lima persen.

Inggris, Selandia Baru, India dan Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki paling banyak kelahiran setelah Australia, diikuti oleh Filipina, China, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Sri Lanka. "Penduduk Australia adalah salah satu masyarakat berbudaya dan berbahasa paling beragam di dunia dan ini ditunjukkan dalam jajak pendapat yang dilakukan AEDI," kata penelitian itu.

Anak warga asli Aborijin mengisi 4,8 persen populasi pelajar dan seperlima dari mereka bertutur bahasa asli di dalam rumah -- kebanyakan berbahasa campuran kreol yang mencampur dialek setempat dan Bahasa Inggris. Kurang dari 100 anak berbicara bahasa lokal saja, menurut hasil penelitian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar