Klinik Motivasi

Jumat, September 16, 2011

Radio Vs Koran & TV

Langkah pertama menjadi seorang jurnalis radio adalah memahami kelebihan radio dan alasan mengapa radio itu begitu potensial. Sehingga kita dapat menggunakan kelebihan itu untuk menghasilkan kekuatan dan menjadikan radio kita tetap diingat oleh pendengar.


Sebagian besar orang berpikir bahwa radio paling cepat gerakannya, paling up-to-date, media paling portabel tersedia di lokasi dari mobil sampai dapur. Berita surat kabar dianggap tertinggal dibandingkan dengan radio dan televisi. Tabloid dilihat hanya sebagai menghibur dan merangsang lembaran skandal, fokus lebih pada bintang tv dan film daripada acara berita nyata/live event. Surat kabar dianggap lebih peduli dengan analisis rinci dan komentar.

Meskipun sekarang bermunculan saluran berita 24 jam seperti CNN, Sky News dan BBC News 24, televisi juga dianggap sebagai media yang kompleks membutuhkan banyak orang untuk membuatnya bekerja, dengan kemampuan untuk bereaksi cepat untuk breaking news kadang-kadang terhambat oleh teknis. Tidak mengherankan bahwa ketika breaking news, tv kembali ke 'modus radio' dan menyiarkan wawancara dengan saksi mata/nara sumber dan reporternya melalui telepon sementara peralatan satelit yang diperlukan membutuhkan waktu cukup lama untuk menyiarkan gambar hidup dan kualitas suara yang baik.

Orang mendengarkan berita radio ketika mereka membutuhkan informasi untuk mengetahui dengan cepat apa yang sedang terjadi. Mereka menyadari bahwa karena berita radio sangat sederhana dan pendek, up to date dan lebih fokus pada pelaporan fakta.

Kalau boleh, mengutip sebuah slogan stasiun yang pintar mempromosikan kelebihan berita radio di Dublin, Jerman : 'Anda dapat menonton suatu acara malam ini, Anda dapat membacanya besok, tapi Anda dapat mendengarnya sekarang di Newstalk 106'.

Cepat dan Sederhana

Radio memiliki peluang terbaik ketika dia 'hidup' dan bereaksi terhadap suatu peristiwa yang terjadi 'sekarang'. Hanya dengan teknis yang sederhana, sebuah berita dapat mengudara dalam hitungan detik dan diperbarui sesuai dengan perkembangan peristiwanya. Terbaik dengan berita yang membutuhkan reaksi cepat. Sifatnya fleksibilitas. Hal ini yang tidak ada di media lain karena relatif sedikit orang yang terlibat dalam prosesnya.

Berita radio dapat disiarkan hanya dengan satu orang dan telepon. Tidak ada kamera, lampu atau asisten produksi. Biasanya, itu hanya salah satu penyiar dan mikrofon atau telepon memisahkan dia dari pendengar. Anda harus selalu berusaha untuk memanfaatkan aset radio terbesar - kecepatan dan kesederhanaan.

Membuat 'gambar'

Radio adalah media terbaik untuk merangsang imajinasi. Dengan melakukan apa yang radio terbaik lakukan - menyiarkan di udara dari tempat kejadian dengan cepat dan menggambarkan acara sehingga pendengar dapat membayangkan apa yang terjadi - Anda menggunakan alat-alat canggih yang paling Anda miliki: kedekatan dan imej.

Pendengar selalu berusaha membayangkan apa yang dia dengar dan apa yang sedang dijelaskan. Terdapat 'gambar' yang menyentuh emosional - seperti suara menangis seorang ibu di sebuah informasi tentang anak remajanya yang hilang. 'Gambar' di radio tidak terbatas oleh ukuran layar, 'gambar' itu ukurannya tergantung pada yang Anda inginkan.

Personal

Radio adalah media yang sangat pribadi. Penyiar biasanya berbicara secara langsung kepada pendengar. Inilah alasannya mengapa sangat penting untuk berpikir tentang pendengar sebagai seseorang yang tunggal. Ketika Anda berbicara di radio, Anda tidak siaran ke banyak orang (meskipun didengar banyak orang) melalui sistem alamat publik raksasa. Anda berbicara kepada satu orang dalam cara Anda akan berbicara jika Anda memegang percakapan sambil minum kopi atau dalam keadaan santai.

Radio juga memungkinkan memunculkan emosi dari suara manusia yang minta didengarkan, dari tertawa sampai kemarahan dan rasa sakit untuk minta belas kasihan. Suara dapat menyampaikan lebih banyak daripada pidato yang dilaporkan. Karena ini adalah cara untuk menyampaikan sesuatu sama pentingnya dengan apa yang disampaikan.

Bersifat lokal

Kelebihan terbesar penyiaran berita di radio lokal adalah bahwa memberikan sebuah stasiun memiliki arti menjadi benar-benar lokal. Stasiun radio lokal bertujuan agar khalayak luas mengabaikan berita ke bahaya mereka. Dalam pasar yang semakin kompetitif, berita adalah salah satu dari beberapa hal yang membuat khas stasiun lokal dan 'dekat dengan Anda'.

Berita 'di sekitar pelosok' sering kali sama penting untuk pendengar sebagai berita dari seluruh dunia - jika tidak lebih ada banyak kasus. Namun, terdapat bahaya juga jika berita terlalu lokal. Kebijakan penilaian harus dibuat tentang apa yang lokal dan apa yang terlalu sempit atau pompa paroki. Buletin berita radio lokal bukan versi audio dari koran lokal, karena alasan ruang jika tidak ada yang lain. Penilaian tentang bagaimana lokal adalah lokal dan satu hal yang penting. Misalnya, cerita tentang seekor kucing sampai pohon terlalu sempit untuk semua stasiun radio. Cerita yang sama tentang petugas pemadam kebakaran yang tewas saat mencoba menyelamatkan kucing tidak hanya cerita lokal yang baik, itu adalah hampir pasti menjadi berita nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar