Klinik Motivasi

Selasa, Oktober 04, 2011

Kebangkitan Intelektual Muslimah

Banjarmasin. Indonesia saat ini mengalami krisis multidimensi mulai dari kemiskinan, kekayaan SDA yang tidak berkolerasi dengan kesejahteraan masyarakat, sampai kasus korupsi yang masih marak terjadi. Hal inilah yang melatarbelakangi Muslimah HTI Lingkar Kampus Banjarmasin menggelar kampanye Kebangkitan Intelektual Muslimah di Gedung Serba Guna Unlam mulai hari ini, Selasa (04/10).


Kampanye ini mengambil tema "Bebaskan Perempuan Terpelajar dari Belenggu Kapitalisme dengan Syariah dan Khilafah" bertujuan untuk mengopinikan kepada masyarakat terutama civitas akademika terkait dengan sosialisasi konsep sistem Islam dalam mensejahterakan dunia dan peran perempuan terpelajar dalam pandangan Islam.

Menurut Marnina Ika Putri, koordinator kegiatan ini, peran intelektual muslimah sangat penting. Terutama untuk terus melakukan penyadaran kepada umat agar mengambil Islam dalam menyelesaikan permasalahan yang membelit Indonesia saat ini.

Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari yaitu mulai hari Selasa sampai hari Kamis tanggal 4 sampai 6 Oktober 2011. Sedangkan agenda kegiatannya yaitu hari ini, Selasa (04/10) digelar Forum Group Discuss dengan tema "Muslimah Terpelajar Di Balik Tantangan Era Globalisasi". Forum ini dihadiri oleh berbagai aktivis mahasiswa muslimah dan Bedah Film Dokumenter Mutiara Kebangkitan "Cahaya Sang Pembebas dan Figur Masa Depan Islam".

Hari Rabu (05/10) akan dilaksanakan Forum Diskusi Intelektual Muslimah dengan tema "Profesionalisme Intelektual Muslimah dalam Dunia Kerja" dan Bedah Film dokumenter Mutiara Kebangkitan dengan tema "Sang Intelektual Pembangun Peradaban" dan "Puan Pejuang Khilafah dari Tanah Rencong"

Sedangkan pada hari Kamis (06/10) yang merupakan acara puncak akan diadakan talkshow dengan tema "Figur Masa Depan Muslimah Terpelajar" dan persembahan kabaret dengan judul "Go .. Go .. Smart Girl!"

Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan mahasiswi yang berasal dari Unlam, IAIN, STIKIP PGRI, Poliban dan PTN maupun PTS se-Banjarmasin. Tampak mereka antusias mengikuti kegiatan ini.

Uniknya lagi, di sudut-sudut ruangan di tata sedemikian rupa. Ada miniatur konsep sistem Islam, lengkap dengan guidenya yang akan menjelaskan bagaimana sistem Islam dan perbandingannya dengan sistem kapitalis.

Terdapat perpustakaan kecil di sudut ruangan, dimana peserta dapat membaca buku-buku ke-Islaman di waktu istirahat. Ada mading yang berisi tulisan perjalanan dakwah HTI. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh pembacaan puisi, nasyid, dan bazar.

Kampanye ini juga merupakan sosialisasi dari Konferensi Intelektual Muslimah yang akan dilaksanakan pada bulan Desember nanti di Jakarta. (Dini/Emel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar